Mengapa Jalan di Selatan Subang Lebih Bagus Dibanding Utara??

warung kebun karet subangInfrastruktur jalan di wilayah selatan Kabupaten Subang kondisinya lebih baik dibanding wilayah tengah maupun di wilayah utara.

“Memang begitu. Kondisi di selatan itu jalannya masih bagus jika dibandingkan dengan wilayah lainnya di Kabupaten Subang,” kata Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Subang, Sumasna kepada Tribun, Minggu (8/9).

Ia menjelaskan, kondisi tersebut bukan karena pengeluaran anggaran dari APBD Subang yang jomplang antara anggaran infrastruktur untuk wilayah selatan dan yang lainnya.

“Anggarannya sama, tidak ada yang beda. Yang membedakan kondisinya karena masalah teknis,” kata dia.

Mengenai alasan kenapa jalan di wilayah selatan Subang relatif lebih mulus di banding lainnya, Sumasna menjelaskan, struktur tanah menjadi penyebabnya.

“Struktur tanah di selatan ini didominasi oleh aluvial yang relatif stabil. Sedangkan di utara Subang tanahnya clay atau lempung sehingga relatif tidak stabil,” katanya.

Selain itu, dari segi kemiringan pun, kata Sumasna, sangat mempengaruhi besar keutuhan infrastruktur jalan.

“Kemiringan lereng tanah di selatan bergelombang sehingga drainasenya menjadi bagus. Sedangkan di utara lahannya datar sehingga musim hujan  jadi daerah genangan,” katanya.

Karena menjadi daerah genangan air, kata Sumasna, hal itu diperparah lagi dengan kendaraan yang melewatinya cukup padat setiap harinya.

“Di utara, populasi kendaraan yang melintas cukup padat disertai tonase yang berlebihan. Sedangkan di selatan, populasi kendaraan lebih rendah,” katanya. (Tribun Jabar)