Debat Kandidat Cabup / Cawabup Subang Jawa Barat

KPUD Subang baru saja selesai menggelar acara Debat Kandidat Calon Bupati / Wakil Bupati Subang, yang diselenggarakan di GOR Gotong Royong (4/9/2013). Acara ini merupakan rangkaian terakhir dari kampanye Cabup/Cawabup Subang yang akan digelar 8 September mendatang.

Acara yang digelar mulai pukul 15.00 WIB itu diikuti oleh keenam pasang calon bupati dan calon wakil bupati Subang dan dihadiri oleh ribuan pendukung keenam pasang calon tersebut. Namun yang diperbolehkan masuk ke dalam ruangan debat terbatas untuk 600 undangan saja, dengan pengamanan ketat pihak Kepolisian. Sedangkan masyarakat yang datang ke lokasi acara hanya bisa menyaksikan jalannya debat melalui TV Plasma yang disediakan panitia.

Meskipun acara debat kandidat ini menggaet Kompas TV untuk pelaksanaannya namun sayang acara ini tidak ditayangkan. Masyarakat hanya bisa mengikuti jalannya debat kandidat ini secara langsung melalui 6 stasiun radio di Subang.

Dalam debat kandidat kali ini KPU Subang menghadirkan Prof Dr Udin Syaefudin Salim dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Profesor Asep Warlan dari Universitas Parahyangan Bandung sebagai panelis yang mengkritisi para calon Bupati / Wakil Bupati.

Suasana di dalam ruangan tempat berlangsungnya debat cukup meriah. Para pendukung pasangan Cabup/Cawabup terus memberi semangat kepada paslon yang sedang berdebat.

Beberapa kali teriakan para penduukung paslon ini membuat suasana menjadi gaduh. Apalagi ketika pasangan incumbent Ojang sohandi giliran berbicara, para pendukung paslon lain selalu menyorakinya. Gaduhnya ruangan debat membuat pembawa acara beberapa kali mengingatkan para penonton untuk tenang karena mengganggu jalannya debat.

Jalannya debat lebih ke penjabaran Visi dan Misi Cabup/Cawabup, tidak ada saling serang pernyataan yang signifikan.

Dicecar mengenai infrastruktur yang buruk, incumbent Ojang Sohandi berkilah bahwa sebelumnya dirinya hanya penerus jabatan Bupati dan berjanji akan meningkatkan anggaran untuk infrastruktur menjadi Rp. 150 Milyar jika terpilih kembali menjadi Bupati.

Menjawab pertanyaan panelis mengenai investasi dan Industrialisasi pasangan nomor urut 1 mengatakan akan melakukan pembenahan birokrasi sehingga memudahkan investor. Untuk industrialisasi Agus Masykur menyatakan cenderung mendorong dibangunnya kawasan industri daripada pengembangan zona industri.

Pasangan nomor urut 5 menekankan akan melaksanakan perbaikan pemerintahan. Jika terpilih menjadi Bupati Riza Hanafi akan menempatkan orang yang berkompeten sesuai tempatnya.
“Jangan ada lagi guru yang menjadi camat!”, Riza menegaskan.

Untuk masalah pendidikan pasangan nomor urut 6 menyatakan selain gratisnya pendidikan hingga level SMP, lulusan SMA yang berprestasi juga akan diberi beasiswa untuk belajar di luar negeri.

Sementara ketika ditanya mengenai program yang akan segera dijalankan setahun kedepan, pasangan nomor urut 2 menyatakan akan segera mengatasi kekeringan di pantura dan membangun rumah untuk warga miskin. Pasangan ini juga meyatakan siap mundur jika tidak bisa mengatasi korupsi di Subang.

Debat Kandidat Cabup/Cawabup berakhir sekitar 17.00 WIB. Acara ini diakhiri dengan menyanyikan lagu “Kemesraan” bersama-sama.

Waktu para paslon Bupati dan Wakil Bupati untuk “menjual diri” sudah usai hari ini. Tinggal kita wargi Subang menentukan pilihan. Sudah bulatkah siapa pilihan wargi??

Foto Susana Debat