Ratusan Surat Suara Untuk Pilkada Subang Rusak

subang pilbupKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang, menemukan ratusan lembar surat suara pemilu kada dalam kondisi rusak dan tidak bisa digunakan. Pemilukada akan digelar 8 September 2013.

“Berdasarkan hasil penyortiran, dari total 1.178.677 lembar surat suara, kami menemukan sekitar 716 lembar kondisinya rusak,” kata Komisioner KPU, Maman Suparman, Sabtu (31/8).

Akibat kerusakan tersebut, ratusan lembar surat suara tersebut praktis tak bisa dan tak layak digunakan di pemilukada. Proses sortir surat suara berlangsung selama enam hari. Sedangkan untuk pelipatan surat suara akan berlangsung hingga besok.

“Pada 1 September-nya, surat suara akan mulai kami distribusikan ke seluruh kecamatan sewilayah Kabupaten Subang,” ucapnya seraya menambahkan, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Kada ditetapkan sebanyak 1.149.929 jiwa, KPU mencetak surat suara sekitar 1.178.677 lembar.

“Surat suara dicetak sesuai dengan jumlah DPT ditambah 2,5%, yakni sebanyak 1.178.677 lembar, selanjutnya usai penyortiran, surat suara akan didistribusikan kepada 30 PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk disebar ke 2.725 TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang berada di 253 desa/kelurahan se-Kabupaten Subang,” ungkap Maman. (MetroTV)