Dimanakah Lokasi yang Bagus Saksikan Fenomena Super Blue Blood Moon di Subang ?

KOTASUBANG.com, Subang – Malam ini (31/1/2018) sebuah fenomena alam langka dapat di saksikan sebagian warga dunia, termasuk Indonesai dan Subang tentunya. NASA menyebut fenomena yang akan terjadi hari ini sebagai super blue blood moon. Itu karena pada saat gerhana bulan total nanti dan bulan ada di bayangan bumi, akan muncul warna kemerahan yang juga dikenal sebagai blood moon.

Blue moon sendiri merupakan fenomena yang memang jarang ada yaitu bulan purnama yang terjadi dua kali dalam satu bulan kalender. Bulan purnama terakhir terjadi pada tanggal 1 Januari lalu. Sedangkan supermoon terjadi saat purnama bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan bumi sehingga ukuran bulan ini menjadi 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada biasanya. Fenomena blue moon dan supermoon ini terakhir kali terjadi satu setengah abad lampau, tepatnya pada 31 Maret 1866 atau 152 tahun lalu.

BMKG memprediksi gerhana super blue blood moon akan mulai terjadi sekitar pukul 17.50 WIB dan berakhir pada pukul 23.10 WIB. Puncak gerhana diprediksi BMKG berlangsung pada pukul 20.30 WIB. Fenomena alam ini bisa disaksikan manusia di bumi dengan mata telanjang.

Saung Mulan, desa Wisata Cibuluh

Lalu dimanakah lokasi yang cocok untuk melihat dan mengabadikan fenomena langka ini di Subang ?

Beberapa lokasi yang bisa dijadikan lokasi untuk mengamati dan mengabadikan Super blue blood moon adalah di Saung Mulan Desa Wisata Cibuluh, Tanjung siang, dan Gerbang Villa Tea Mountain, Ciater, pinggir jalan raya Ciater – Bandung dan bukit Pamoyanan Tanjungsiang.

Purnama di Ciater
Citer pagi hari

Saung Mulan, sesuai namanya memang tempat untuk bersantai sambil menikmati keindahan bulan purnama. Mulan dalam bahasa Indonesia berarti di bawah sinar bulan. Saung Mulan, Kampung Bolang, desa wisata Cibuluh, Kecamatan Tanjungsiang. Disana, sambil menikmati keindahan bulan purnama, pengunjung jga bisa memesan kopi atau penganan khas kampung.

Lokasi yang kedua adalah di pinggir jalan raya Subang – Bandung tepatnya di Gerbang Villa Tea Mountain, Ciater. Lokasi ini juga sering dijadikan objek foto sunrise oleh para fotografer. Sambil mengabadikan fenomena langka ini, kita juga bisa menikmati jagung bakar dari jongko-jongko yang berada tak jauh darin tempat tersebut.

Pamoyanan, Mei 2017 ketika masih sepi

Pilihan lokasi selanjutnya adalah Bukit Pamoyanan, desa Kawung Luwuk, kecamatan Tanjungsiang. Bukit yang mulai ngehits lagi sejak Mei tahun lalu ini juga bisa dijadikan tempat untuk menyaksikan fenomena langka super blue blood moon nanti malam. Hanya saja kalau mau menyaksikan fenomena ini di Pamoyanan tentunya kita harus menyiapkan perlengkapan camping. Disana, selain menikmati indahnya bulan puranama tentunya juga bisa sekalian menikmati suasana pagi yang menakjubkan dengan lautan awannya yang mempesona.

Selain di ketiga tempat tadi, fenomena alam ini sebenarnya juga bisa disaksikan di mana saja, asalkan di lokasi yang terbuka dan dengan kondisi cuaca yang cerah.

 

 

 

 

 

Berita Terkait: