Ada Kejadian Langka dan Unik Pada Hari Pertama Coklit Pilkada di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Ada kejadian unik pada Pencocokan dan Penelitian (Coklit) pemilih Pilkada di Kabupaten Subang yang di mulai hari ini, Sabtu (20/1/2017). Di TPS 1 Desa Cimeuhmal, Kecamatan Tanjungsiang secara tidak sengaja ada 7 orang bernama Maman bertemu dalam satu ruangan bersama ketika men-coklit.

Mereka adalah Drs. H. Maman Suparman yang merupakan orang yang di-coklit, kemudian ada pula Maman Suryatna sebagai Ketua PPK Tanjungsiang, Maman Ketua Panwascam, Maman Gandara Ketua PPS Cimeuhmal, Maman Wijaya dan Maman Erawan Anggota PPS Cimeuhmal dan Maman Rohman PPDP TPS 3 Cimeuhmal. Kejadian langka ini mewarnai tahapan Coklit hari pertama di Kabupaten Subang yang berlangsung serentak hari ini.

Ketua KPU Subang, yang juga bernama Maman Suparman, mengungkapkan coklit pemilih ini akan dilaksanakan mulai hari ini 20 Januari hingga 18 Februari 2018.

Sebelum pelaksaaan coklit hari pertam ini, Pukul 07.30 WIB, KPU Subang mengadakan Apel Kesiapan Coklit yang dipimpin langsung oleh Sekertaris KPU Provinsi Jawa Barat Drs. Heri Suherman yang langsung memonitor dan memantau pelaksaan Coklit Pilkada 2018 di Kabupaten Subang.

Dalam Coklit pertama terlihat Semua Bapaslon yang mengikuti pilkada Bupati dan Wakil Bupati Subang 2018 berhasil dan sudah ter-coklit.

“Bisa di pastikan seluruh Bapaslon yang mengikuti Pilkada 2018 telah tercoklit di hari Pertama,  yaitu Pasangan Bapaslon Imas Aryumningsih-Sutarno, Dedi Junaedi-Budi Setiadi, dan Ruhimat-Agus Maskur” ungkap Suryaman, komisioner KPU bidang program dan data.

Sebelumnya, Divisi  Teknis, SDM dan Parmas KPU Subang Ahmad Koncara menambahkan, KPU Kabupaten Subang menargetkan sekitar 18.805 KK di Kabupaten Subang sudah tercoklit di hari pertama (dalam Coklit serentak nasional).

“Jumlah tersebut menurut saya rasional sebab kita KPU Subang memiliki sekitar 150 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), 759 orang Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan 2852 Orang Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP),” ujarnya.

Setiap orang penyelenggara pemilukada mencoklit 5 KK/Rumah saja di H-Pertama Coklit maka anggka 18.805 KK/Rumah sudah dipastikan bisa tercoklit.

Sedangkan Jumlah yang akan di Coklit oleh KPU Kabupaten Subang berdasarkan DP4 Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu di pilkada 2018 sebanyak 1.184.069 , dengan jumlah penduduk berdasarkan jenis kelamin Laki-Laki 591.300 dan Perempuan 592.778.

Ahmad berpesan sebagaimana pesan Ketua KPU Subang,  PPDP sebagai ujung tombak pemuktahiran data dan penyusunan daftar pemilih agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dalam meneliti dan mencocokan dan menjaga kesehatan.

“Sebab di tangan PPDP-lah kesuksesan pemilih bisa terlayani,  sehingga harapan kita, KPU Subang,  di Pilkada 2018 seluruh masyarakat Subang yang berhak memilih bisa masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT),” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here