Duh…, Macan Kumbang Sepanjang Hampir 2 Meter Ditemukan Mati di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Seekor macan kumbang hitam ditemukan warga Desa Cikujang Kecamatan Serangpanjang, Subang dalam kondisi tak bernyawa, Jumat (19/1/2018). Menurut informasi yang dihimpun, bangkai macan tersebut pertama kali ditemukan oleh penggembala kerbau yang bernama Aep ketika menggembala ternak. Rahmat, tetangganya Aep kemudian melaporkan temuannya tersebut kepada kader konservasi, Iis Rochati yang kemudian disampaikan ke BKSDA Purwakarta.

Macan kumbang yang memiliki panjang 184 Cm dengan tinggi sekira 50 Cm dan berat 60 Kg tersebut diperkirakan mati karena faktor usia, karena saat ditemukan tidak ada bekas luka senjata tajam atau luka bekas pemburu.

“Saat ditemukan memang sudah mati. Saat diperiksa petugas tidak ada luka apapun disekujur tubuh macan kumbang itu,” kata Iis Rochyati.

Petugas BKSDA  Purwakarta kemudian mengevakuasi bangkai macan kumbang tersebut dibantu masyarakat disaksikan oleh Kepala Desa Cukujang, Kecamatan Serangpanjang.

iis sangat menyayangkan macan kumbang yang ditemukan tersebut dalam kondisi sudah menjadi bangkai. Namun hal ini membuktikan bahwa di daerah tersebut masih terdapat hewan buas seperti macan kumbang ini. Dirinya kerap menemukan bekas cakaran hewan buas di pohon. Bahkan ada pula satu dua orang warga yang kebetulan sempat melihatnya.

“Perlu diketahui masyarakat bahwa hewan ini merupakan hewan dilindungi,” pungkasnya.

 

Berita Terkait: