Kabid Budaya Disdikbud Kab.Subang Apresiasi Gerakan Komunitas Pepeling Cikaum Lestarikan Seni Budaya

KOTASUBANG.com, Subang – Hari ini, Selasa (16/1/2018) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mendapat kunjungan dari Komunitas Pepeling. Komunitas yang beralamat di Kampung Cibungur, Cikaum Barat, Kecamatan Cikaum ini didirikan untuk menjadi wadah bagi mereka yang peduli terhadap budaya dan sosial dengan tujuan mengembangkan dan melestarikan seni, sosial serta budaya.

Menurut Ketuanya, Absar, sejak didirikan pada tanggal 4 November 2017 komunitas ini berkembang dengan baik di Cikaum dan terus bergerak untuk masyarakat di sekitarnya. Komunitas yang bergerak di bidang kesenian, budaya dan sosial ini telah memiliki banyak kegiatan. Diantaranya, pelatihan seni suling, karinding dan celempung terhadap anak-anak, kemudian program Go Green mengembalikan fungsi alam dengan menanam pohon, Pembuatan alat musik suling, karinding dan celempung.

“Selain itu kami juga sering tampil dalam event-event tertentu menampilkan seni suling-kacapi, karinding-celempung, terebang dan tutunggulan,” katanya.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Subang Didin Mahpudin menyambut baik adanya komunitas Pepeling dengan berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakannya.

“Saya sangat mengapresiasi adanya komunitas Pepeling. Menjadi bahan untuk mengangkat seni tradisi kabupaten Subang, semoga bisa menjadi contoh untuk komunitas lainnya” ungkapnya.

Dirinya juga menyarankan agar komunitas ini terus meningkatkan kualitasnya dengan program yang jelas serta meluaskan akses ke masyarakat melalui pendekatan secara individu ke sekolah-sekolah untuk melestarikan seni dan budaya yang dikembangkan oleh komunitas ini. Selain itu akan dijajaki juga kemitraan dalam berbagai even budaya dan pengembangan kampung budaya.

Berita Terkait: