Ribuan Ha Sawah di Subang Terancam Kekeringan

petani panen subang jabarSebanyak 4.589 hektare areal pesawahan di delapan kecamatan di Kabupaten Subang terancam kekeringan pada musim kemarau tahun ini. Sejumlah petani di Kabupaten Subang khawatir ancaman gagal panen.

Kabid Sumberdaya Dinas Pertanian Kabupaten Subang Hendrawan mengatakan dari jumlah lahan tanam padi di Subang sebanyak 82,958 hektare, ada 4.589 ha yang terancam kekeringan di musim kemarau tahun ini.

“Lahan itu tersebar di 8 Kecamatan dan 33 Desa se-Kabupaten Subang,” kata Hendrawan dalam acara bimbingan teknis kepada personel Danramil dan Babinsa dalam program TNI-AD mendukung ketahanan pangan di Aula Dinas Pertanian Subang, Senin (26/8/2013).

Delapan areal pesawahan di Kabupaten Subang yang terancam kekeringan tersebut, antara lain di Kecamatan Kasomalang, Pagaden, Tambakdahan, Pusakanegera, Pusakajaya, Legonkulon, Sukasari, dan Kecamatan Blanakan.

Rata-rata areal pesawahan yang terancam kekeringan tersebut, menurut Hendrawan, berusia 5 sampai dengan 65 hari tanam. “Apabila dua minggu dari mulai saat ini belum turun hujan dan tidak tertangani maka akan terancam gagal panen,” katanya.

Guna mengantisipasi kejadian tersebut, pihaknya mengantisipasi dengan adanya giring gilir dan pompa air. “Untuk pompa air kita sudah sediakan 2 pompa air besar dan enam pompa air kecil, walapun sebetulanya itu masih kurang untuk mengairi air sebanyak itu,” paparnya.(Inilah)