Bukit Pamoyanan Overload, Ribuan Orang Sambut Fajar Pertama 2018 di Atas Lautan Awan

KOTASUBANG.com, Subang – Menyambut datangnya fajar pertama di tahun 2018, ribuan orang memadati area wisata Bukit Pamoyanan, Desa Kawung Luwuk, Kecamatan Tanjungsiang. Sejak Minggu siang (31/12/2017) para pengunjung mulai berdatangan ke lokasi wisata ini secara bergelombang dan semakin siang jumlahnya semakin banyak sehingga pengelola khawatir terlalu banyaknya jumlah pengunjung akan membuat area camping ground di bukit Pamoyanan overload.

Hingga menjelang sore, pengelola terpaksa membuat himbauan agar masyarakat yang hendak menghabiskan malam tahun baru di bukit Pamoyanan mengurungkan niatnya. Hal ini dilakukan karena lokasi sudah terlalu penuh dan sudah tidak ada lagi area untuk mendirikan tenda.

Kalau kami memanfaatkan momentum animo pengunjung dan membiarkan semua pengunjung naik ke bukit, semua area yang ada di atas bisa-bisa overload. Tadi kami ambil keputusan, menghimbau agar orang yang dekat tidak usah memaksa ke Pamoyanan. Ini dikarenakan  area peruntukan tenda sudah penuh tak ada ruang lagi. Sementara area tanaman juga sudah ada yang di pakai tenda, ini mengkhawatiran kami. Area hijau dan bagian depan bagaimana pun tidak untuk tenda,” jelas Soleh Solihin salah seorang pengelola yang juga merupakan Ketua Kompepar desa Kawung Luwuk.
l
“Karena khawatir overload, maka bagi pengunjung Bukit Pamoyanan sebagian kami arahkan untuk menginap di home stay di rumah-rumah penduduk sekitar Pamoyanan,” ungkapnya.
Menurut Soleh, sebenarnya bukit Pamoyanan bisa menampung hingga 4000 orang asalkan tidak menginap atau mendirikan tenda. Namun jika mendirikan tenda area camping ground paling bisa muat di bawah 200 tenda.
“Kemarin saja hinga menjelang sore ada sekitar 2600 pengunjung yang sudah membeli tiket, dengan jumlah segitu area camping sudah penuh terisi tenda,” katanya.
Bukit Pamoyanan menjadi tempat favorit untuk menghabiskan malam pergantian tahun. Dari atas bukit ini para pengunjung bisa menyaksikan mentari terbit di awal tahun 2018. Fenomena lautan awan dan keindahan terbitnya fajar menjadi daya tarik utama lokasi wisata ini. Mulai booming kembali sejak Mei 2017 lalu, kini Pamoyanan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Subang. (Baca juga  : Menikmati Secangkir Kopi di Atas Lautan Awan Bukit Pamoyanan)

 

Berita Terkait: