Kaleidoskop Subang 2017

KOTASUBANG.com, Subang – Tahun 2017 segera berakhir. Beragam peristiwa telah terjadi di Kabupaten Subang sepanjang tahun ini. Berikut kilasan beberapa peristiwa yang terjadi tahun 2017 di Subang.

 

Januari

Vonis ojang

Majelis hakim Pengadilan Tipikor Bandung akhirnya memvonis Bupati Subang Non Aktif Ojang Sohandi dengan hukuman delapan tahun penjara dengan denda sebesar Rp 300 juta, subsidair empat bulan penjara. Putusan vonis tersebut dibacakan oleh Ketua majelis hakim Longser Sormin dalam sidang putusan di Ruang I, Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan Martadinata, Kota Bandung, Rabu malam (11/1/2017).

SSIC Diluncurkan

Subang Strategic Information Center (SSIC) diluncurkan di Graha Pena Pasundan Ekspres, jalan Ahmad Yani 110, Subang, Sabtu (14/1/2016). SSIC memiliki visi besar untuk menjadi pusat acuan data dan informasi strategis yang transparan dan independen di Kabupaten Subang dengan misi melakukan pendataan, pengkajian, penelaahan, penelitian dan penyampaian informasi yang ilmiah dan akurat secara berkala kepada Publik Subang, menyusun publikasi terkait data dan informasi perubahan sosial di kabupaten Subang dan membuka layanan konsultasi publik.

 

Februari

Prestasi Pencak Silat

Delapan atlet pencak silat dari Perguruan Pencak Silat Satria Taruna Bhayangkara meraih 7 medali emas dan 1 perak dalam kejuaraan pencak silat terbuka PPS Pakubumi Cup II tahun 2017. Kejuaraan nasional yang memperebutkan Piala Pembina PB IPSI Dr (hc) H. Eddy Nalapraya 2 – 5 Februari 2017 ini berlangsung di GOR Pondok Gede Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta.

 

Subang Nyeni

Sekumpulan anak muda menggelar pertunjukkan Subang Nyeni di Pendopo Pemkab Subang, Jumat sore (10/2/2017). Mereka dengan piawai mementaskan berbagai seni pertunjukan mulai dari tari, musik, teater hingga pantomim yang jarang dipentaskan. Yang lebih keren, mereka juga berhasil memadukan seni pertunjukkan tradisional dengan modern dengan apik.

 

Maret

Pasar Bersih

Pasar Rakyat Subang yang terletak di belakang Terminal, Sukamelang mulai beroperasi. Pasar “bersih”ini merupakan hasil relokasi para pedagang dari pasar panjang dan Pujasera. Para pedagang yang direlokasi tersebut mengaku pada awal kepindahannya ini omzet mereka masih anjlok hingga 70 persen dibandingkan dengan tempat semula. Terkait hal ini, para pedagang ini kemudian beberapa kali melakukan aksi unjuk rasa.

 

International Women’s Day 2017

Buruh perempuan Subang mengaku kecewa dengan kinerja DPRD Subang terkait Perda Ketenagakerjaan yang tak juga terrealisasi. Hal itu menjadi tuntutan aksi ratusan buruh yang didominsi buruh perempuan yang tergabung dalam Aliansi Buruh Subang pada peringatan International Women’s Day 2017 yang digelar di gedung DPRD Subang, Rabu (8/3/2017).

 

Kecewa Batal Rekor MURI

Kecewa karena dialihkannya lokasi pemecahan rekor MURI tangkap ikan dari daerahnya yang sedianya akan diselenggarakan 1 April mendatang, hari ini warga desa wisata Cibuluh menggelar acara sendiri yaitu “Moro lauk”. Sebanyak 100 kg ikan yang sudah di masukkan ke dalam kolam dioyak bersama seluruh warga desa Cibuluh, Minggu (25/3/2017) pagi.

 

April

Rekor MURI

Rekor MURI tangkap ikan tanpa alat dengan jumlah peserta terbanyak hari ini, Sabtu (1/4/2017) berhasil di pecahkan di Subang. Ribuan orang mengikuti acara yang diselenggarakan di saluran irigasi Leuwi Nangka, Werasari, Subang. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT Kabupaten Subang ke-69. Awalnya kegiatan ini akan diselenggarakan di desa Cibuluh,Tanjungsiang,namun karena alasan keamanan lokasi MURi tersebut akhirnya dipindah ke Leuwi Nangka.Halini membuat kekecewaan bagi warga desa Cibuluh. Sebagai permohonan maaf Bupati Subang kemudian menyelnggarakan acara bakar ikan bersama di monumeun Ciseupan, Tanjungisang (9/5/2017).

 

Subang Light Festival

Pawai kendaraan hias dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Subang ke-69 berlangsung meriah, Senin (3/4/2017). Untuk pertama kalinya, pawai kendaraan hias tersebut dilaksanakan pada malam hari, mulai pukul 19.00 hingga 22.00 WIB. Ribuan orang menyemut di sepanjang jalan yang dilalui pawai tersebut mulai dari start di Lapangan Bintang kemudian melalui jalan S. Parman, Wisma Karya, Ahmad Yani, Blok Jagal, Soeprapto, Lampu Satu, Halaman Gedung DPRD dan finish di depan kantor Bupati Subang.

 

Lagi, WNA China diamankan

Jajaran Polres Subang kembali mengamankan seorang Warga Negara Asing (WNA) asal China Sabtu (8/4/2017) sekitar pukul 16.00 WIB. WNA bernama Chen Liyu ini diamankan setelah ada seorang warga yang melaporkannya kepada pihak kepolisian. Awalnya, WNA China tersebut hendak menjual Handphone kepada salah seorang warga di SPBU Lebaksiuh, Kecamatan Dawuan. Curiga dengan tingkah lakunya, warga yang kebetulan bisa berbahasa China tersebut kemudian melaporkannya ke polisi. Sebelumnya, pada hari Kamis (6/4/2017) seorang WNA asal China juga diamankan oleh jajaran Polres Subang setelah kedapatan berjualan perhiasan imitasi di pasar Rakyat Subang, Sukamelang. Selanjutnya kedua WNA tersebut kemudian di serahkan kepada pihak imigrasi Bandung.

Bulan Dirgantara

Ribuan orang tumpah ruah di Lanud Suryadarma Kalijati, 15-16 April 2017. Pasalnya di salah satu Lanud tertua di Indonesia tersebut kembali digelar Gebyar Bulan Dirgantara 2017. Berbagai acara digelar untuk memeriahkan hari jadi TNI AU ke 71 itu. Setelah sebelumnya pada awal April lalu digelar Kejurnas Terbang Layang, akhir pekan ini berbagai acara disuguhkan untuk menghibur masyarakat Subang dan sekitarnya. Hari Sabtu (15/4/2017) masyarakat dihibur oleh acara musik Dahsyat yang disiarkan langsung oleh RCTI dari hanggar C Lanud Suryadarma.

 

Deklarasi Dukungan RK

Sejumlah pondok pesantren (Ponpes) di Jawa Barat yang tergabung dalam komunitas pesantren mendeklarasikan dukungan kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk maju sebagai Gubernur Jawa Barat dalam Pilkada Jabar 2018 mendatang. Sosok Ridwan Kamil dianggap mampu membawa Jawa Barat lebih baik. Deklarasi dukungan terhadap pria yang karib disapa Emil ini dilakukan di Ponpes Pagelaran III, Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu (23/4/2017) sekaligus memperingati Isra Mi’raj. Sejumlah perwakilan Ponpes dari seluruh Jabar menghadiri kegiatan deklarasi tersebut. Deklarasi dukungan terhadap Ridwan Kamil tersebut dibacakan langsung oleh KH Abdul Halim, pengasuh pesantren Al-Bayyinah Garut.

 

Oknum Disdik Bubarkan Pelatihan Guru PAUD

Perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang berupaya membubarkan acara workshop dan mengancam tidak akan mencairkan Bantuan Opersional Pendidikan (BOP) karena mengikuti acara workshop yang diselenggarakan oleh PD HIMPAUDI Kabupaten Subang di Aula PGRI Kecamatan Pagaden, Sabtu (29/4/2017). Worksop tersebut diikuti oleh 270 guru PAUD yang merupakan perwakilan tiap lembaga dari PAUD 10 kecamatan di wilayah Subang bagian tengah.  Kejadian ini menjadi preseden burukbagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang.

 

Mei 

Ojang Sohandi Resmi Ceraikan Dewi Nirmalasari

Mantan Bupati Subang Ojang Sohandi resmi bercerai dengan Dewi Nirmalasari. Sidang terakhir putusan cerai talak dilaksankan di Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Subang, Senin (8/5/2017). Dewi Nirmalasari mengaku ikhlas menerima keputusan tersebut. Dalam sidang tersebut terlihat hadir secara langsung Dewi Nirmalasari sebagai termohon dengan didampingi tiga orang saksi yang salah satu diantaranya adalah ayah Dewi Nirmalasari. Sedang dari pihak pemohon yaitu Ojang Sohandi diwakili oleh kuasa hukum Dede Sunarya, SH. MH degan didampingi salah satu keluarga pemohon.

 

Subang Punya Lautan Awan

Sekumpulan anak muda yang tergabung dalam Bingkai Fotografi Subang memperkenalkan kembali potensi wisata Bukit Pamoyanan melalui karya foto dan video. Hasil karya foto dan video suasana bukit Pamoyanan yang diambil Rabu (10/5/2017) kemudian viral di media sosial sehingga kini potensi wisata dengan atraksi utama lautan awan itu semakin dikenal wisatawan. Dengan semakin banyaknya pengunjung kini pemerintah desa mulai membangun berbagai fasilitas di sana.

 

Juni

Imas Dilantik jadi Bupati Subang

Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar resmi melantik Hj. Imas Aryumningsih menjadi Bupati Subang sisa Jabatan 2013-2018. Pelantikan tersebut digelar di Gedung Sate, Bandung, Kamis (8/6/2017). Hadir dalam acara pelantikan tersebut seluruh unsur Muspida Kabupaten Subang, Kepala Dinas, Camat dan tamu undangan lainnya.

 

 

Subang Bebas Disclaimer

Setelah dua tahun berturut-turut mendapat penilaian disclaimer dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), akhirnya Kabupaten Subang memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dengan 6 pengecualian. Hasil audit BPK itu diserahkan Ketua Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat, Arman Syfa, diterima Bupati Subang, Imas Aryumningsih dan  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Subang, Hendra Purnawan, di Gedung Perwakilan BPK Provinsi Jawa Barat (17/6/2017).

Gagal Panen

Ribuan hektare tanaman padi di daerah Cipunagara dan sekitarnya gagal panen akibat serangan virus yang ditularkan oleh wereng coklat. Penyebaran virus ini jika dibiarkan akan semakin meluas dan akan mengancam ketersediaan pangan nasional. Selain di Subang, di Jawa Barat serangan serupa juga terjadi di Indramayu dan Karawang yang merupakan lumbung padi nasional.

 

Juli

Tergilas Truk Aqua

Dua orang meninggal dunia akibat kecelakaan yang melibatkan truk tronton pengangkut galon air mineral dan sepeda motor, Sabtu (22/7/2017) di perempatan Cadika jalan MT Haryono, Subang. Dugaan sementara kecelakaan tersebut disebabkan rem blong dari truk pengangkut galon merek Aqua bernopol D 8274 BA. Truk tersebut melaju kencang dari arah timur dan menabrak 2 sepeda motor, yaitu motor matik Honda Vario bernomor polisi T 6029 YA yang dikendarai Regina Yolanda (24) bersama seorang balita asal Kelurahan Parung Kecamatan Subang dan motor Honda Vario bernomor polisi B 3749 FVU yang dikendarai Ratni (49) asal Kelurahan Cigadung, Subang. Nahas 2 orang tak terselamatkan. Seringnya terjadi kecelakaan yang melibatkan truk Aqua menimbulkan polemik di masyarakat Subang.

 

Agustus

Subang Expo

Subang Expo 2017 yang digelar oleh Pemkab Subang dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72, dipadati pengunjung. Acara pameran tersebut diselenggarakan tanggal 15-20 Agustus 2017 di lapangan, Bintang, Subang.

 

Panggung Gembira Indosiar

Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72 Pemkab Subang menggelar acara Panggung Gembira Indosiar Sabtu dan Minggu (26-27 Agustus 2017). Acara ini di siarkan langsung stasiun televisi Indosiar mulai pukul 07.30-10.00 pagi. Sederat artis ibukota akan menghibur masyarakat Subang diantaranya ; Elvy Sukaesih, Benigno, Danang, Irwan, Rafi, Juwita Bahar, Duo Anggrek, Duo Alvin, Maisaka, Bagindas Band, Rita Sugiarto, dan masih banyak artis lainnya dari ibu kota. Acara ini akan dipandu oleh; Gilang Dirga, Nikita Mirzani, Lee Jong Hun.

 

Alun-alun Subang Baru

Alun-alun utara Subang selesai direnovasi. Bagian taman yang baru ini lebih banyak menggunakan ornamen lampu-lampu, sehingga tampak lebih menarik di malam hari. Sejak selesai direnovasi ratusan warga terlihat banyak yang berkunjung dan berfoto ria di sana. Selain renovasi bagian utara, wajah Alun-alun Subang juga berubah setelah hampir semua pagar sebelah barat di buka dan ditambahkan landmark berupa tulisan “Alun-alun Subang”.

 

Piala Adipura Diarak

Diraihnya kembali penghargaan Adipura untuk Kota Subang dirayakan dengan meriah, Kamis (4/8/2017). Piala yg baru saja diterima dari president Joko Widodo tersebut diarak keliling kota dan lintas kecamatan. Mulai start dari kawasan Ciater Highland Resort piala tersebut dibawa menggunakan kendaraan terbuka. Dari atas kendaraan tersebut Bupati Subang langsung menyapa masyarakat sambil membawa piala Adipura. Dari CHR arak-arakan kendaraan melintasi pusat Kota kemudian melintasi Pagaden lalu kembali ke kota dan kemudian finish di kantor Bupati.

 

September

Sering Gempa di Sagalaherang

Warga masyarakat desa Cicadas, Sagalaherang dan sekitarnya mengaku sering merasakan getaran gempa dalam beberapa bulan terakhir. Gempa terakhir dirasakan warga Jumat (1/9/2017). Getaran gempa skala kecil tersebut terasa hingga sebagian wilayah Ciater dan Sagalaherang. Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak terkait mengenai peristiwa ini. Sebagian warga menduga rangkaian gempa skala kecil ini terkait aktivitas gunung Tangkubanparahu.

 

Bus Widia Terguling

Tiga Orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan tunggal yang dialami oleh bus Widia bernomor polisi Z 7740 A, Senin (5/9/2017)di daerah Desa Cijambe, Kecamatan Cijambe, sekira pukul 13.00 tadi siang. Sementara puluhan lainnya mengalami luka-luka. Kasat Lantas Polres Subang AKP Iim Abdurochim mengatakan kecelakaan tersebut bermula saat bus Widia yang ditumpangi puluhan orang melaju dari arah Bandung menuju Subang tersebut melalui turunan di daerah Cijambe yang menikung. Nahas, bus oleng dan tak dapat dikendalikan hingga terbalik.

 

Ruwatan Bumi Banceuy

Menyambut datangnya 1 Muharam, Rabu (20/9/2017) ribuan warga kampung adat Banceuy, Desa Sanca, Kecamatan Ciater dan sekitarnya tumpah ruah di jalanan desa. Mereka antusias mengikuti acara Ruwatan Bumi yang merupakan acara tahunan yang sudah digelar sejak tahun 1800-an. Berbagai ritual adat sudah di gelar sejak sehari sebelumnya, termasuk menghias kampung dengan janur. Pada malam menjelang puncak Ruwatan Bumi juga digelar berbagai pertunjukan seni buhun seperti Tarawangsa, Celempung dan Gembyung.

 

Dewi Nirmalasari Menikah Lagi

Dewi Nirmalasari akhirnya mengakhiri masa kesendiriannya. Setelah resmi bercerai dengan Mantan Bupati Subang Ojang Sohandi, hari ini Senin (24/9/2017) Dewi Nirmalasari resmi menikah kembali dengan Sumardi yang kini menjabat sebagai lurah Soklat, Kecamatan Subang di kediamannya, Desa Cibogo, Kecamatan Cibogo.

 

Golok Terpanjang

Bertepatan dengan hari pariwisata dunia yang jatuh hari ini, Rabu (27/9/2017) warga masyarakat Kampung Cibeureum, Desa/Kecamatan Tanjungsiang didukung oleh Kelompok Masyarakat Penggerak Pariwisata (Kompepar) dan Pemkab Subang berhasil memecahkan rekor dunia. Rekor yang dicatatkan di Original Record Indonesia (ORI) adalah golok terpanjang di dunia, dengan panjang golok 12 meter. Bahkan setelah diukur,  tim ORI mencatatkannya sepanjang 13.1 meter.

 

Oktober

Imas di Korea Selatan

Kunjungan Bupati Imas yang kedua kalinya di Korea Selatan yang merupakan balasan atas kunjungan wali kota Gimcheon yang sudah beberapa kali berkunjung ke Subang. Sejumlah pejabat tampak menyertai kunjungan Bupati Imas tersebut. Salah satu agenda utamanya adalah penandatangan kesepahaman persaudaraan 2 kota Gimcheon dan Subang. Acara penandatangan kesepakatan tersebut dilaksanakan di balai kota Gimcheon, 12 Oktober 2017 lalu.

Sosialisasi Pilkada

Dalam rangka sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung tahun 2018 mendatang Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Subang menggelar kegiatan jalan santai Minggu (29/10/2017). Kegiatan tersebut berlangsung meriah diikuti oleh ratusan masyarakat dan pejabat.

 

Night Roadrace

Sabtu (14/10/2017)  kota Subang kembali menjadi tuan rumah gelaran road race. Kali ini event balap motor tersebut digelar malam hari, alias Night Race. Ratusan starter mengikuti gelaran tersebut. Dengan kekuatan penerangan 80.000 watt menjadikan balapan layaknya siang hari. Selain menyaksikan balapan penonton juga disuguhi hiburan seperti Female DJ, Moto Freestyle, Miss Circuit, Sporty Dancer, Bazzar, Games dan Doorprize.

 

November

Festival 7 Sungai #2

Festival 7 Sungai #2 yang digelar warga masyarakat Desa Wisata Cibuluh Tanjungsiang berlangsung meriah, beragam acara budaya diselenggarakan di sana, 3-5 November 2017. Acara tersebut diresmikan oleh Bupati Subang Imas Aryumningsih, Sabtu (4/10/2017) di kampung Ciseupan, Cibuluh, Tanjungsiang. Pembukaan acara ditandai dengan penyalaan 7 lodong atau meriam dari bambu, yang salah satunya dinyalakan oleh Bupati.

Paus Terdampar

Warga pantai Patimban kecamatan Pusakanagara Selasa (7/11/2017) di gegerkan dengan temuan seekor hiu paus berukuran sekira 4 meter. Hiu paus tutul tersebut terjaring tersangkut jaring kapal sopek (kapal kecil) nelayan Patimban.

 

H. Ma’mur Sutisna Tutup Usia

Kabar duka menyelimuti dunia pendidikan Kabupaten Subang. Mantan Kadisdik Kabupaten Subang H. Ma’mur Sutisna telah meninggal dunia Jumat (17/11/2017) sekira pukul 07.45 WIB di Rumah Sakit Rotinsulu, Bandung karena sakit.

 

14 Triliun untuk Patimban

Pembangunan fase pertama pelabuhan internasional Patimban akan segera dilakukan April 2018 mendatang, kepastian ini diperoleh setelah ditandatanganinya perjanjian pinjaman proyek pembangunan pelabuhan internasional Patimban Subang oleh Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Robert Pakpahan dan Chief Representative Japan International Coorporation Agency (JIKA) Indonesia Office di Aula Djuanda 1 Kementerian Keuangan Jl. Dr. Wahidin Raya No. 1 Jakarta, Rabu (15/11/2017). Penandatangan yang disaksikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan senior Vice President JICA Syinya Ejima, serta Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih.

 

 

Desember

PLUT SUbang Expo 2017

PLUT SUbang Expo 2017 yang digagas PLUT KUMKM Subang bersama Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Subang berlangsung meriah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di area kantor PLUT KUMKM Subang jalan KS Tubun No. 40 Subang, Kamis (7/12/2017). Acara tersebut menandai penyerahan hibah gedung PLUT KUMKM dari pemerintah  pusat kepada Pemkab Subang. Berita acara penyerahan gedung tersebut diserahkan oleh Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ir. Abdul Kadir Damanik, MM kepada Bupati Subang, Hj. Imas Aryumningsih, SE.

 

Pilkades serentak

Pilkades serentak yang berlangsung Minggu, 10 Desember 2017 berlangsung aman dan kondusif.  Sebanyak 1.000 personil gabungan dari unsur TNI/Polri dan Satpol PP telah dikerahkan untuk mengamankan jalannya Pilkades yang dilaksanakan di 22 Desa yang tersebar di 14  Kecamatan di Kabupaten Subang.

Pusat Bibit Buah Nusantara

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir hari ini, Selasa (12/12/2017) meresmikan Pusat Industri Bibit Buah Nusantara di Desa Curugrendeng, Kecamatan Jalancagak, Subang. Pusat Industri Bibit Buah Nusantara ini dikelola oleh PT Botani Seed Indonesia yang merupakan joint operation antara anak perusahaan PT Bogor Life Science and Technology-Holding Company milik IPB dengan Pusat Kajian Holtikultura Tropika-LPPM IPB.

 

Gempa Bumi

Sekira pukul 23.47 malam ini, Jumat (15/12/2017), warga Subang merasakan getaran gempa. Bukan hanya warga Subang, berdasarkan penelusuran di media sosial gempa juga di rasakan di beberapa kota lainnya di Jawa Barat dan di Kota/Kabupàten lainnya di pulau Jawa. Berdasarkan informasi Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut berkekuatan 7.3 SR (BMKG kemudian merevisi menjadi 6.9 SR), dengan pusat gempa 43 km Barat Daya Tasikmalaya di Samudera Hindia pada kedalaman 105 Km. BMKG mengeluarkan Peringatan dini tsunami untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta atas gempa tersebut. 2 jam kemudian peringatan dini tsunami dicabut kembali.

 

Demo Buruh

Ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Subang (ABS) kembali turun ke jalan, Kamis (21/12/2017). Dalam aksinya mereka kembali menyampaikan penolakan sistem pengupahan tahun 2018 berdasarkan PP No 78 tahun 2015. Buruh juga menuntut agar di wilayah Subang tidak diterapkan upah sektoral padat karya atau penerapan upah di bawah Upah Minimum Kabupaten (UMK).