Mengenal Si Umil, Maskot Pilkada Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Hari kamis, 7 Desember 2017 kemarin KPUD Subang secara resmi meluncurkan maskot Pilkada Kabupaten Subang pada Launching tahapan Pilkada Serentak 2018 yang dilaksanakan di Alun-alun Subang. Maskot tersebut diberi nama “Si Umil”.

Siapakah Si Umil ?

Menurut penciptanya, Epan Apendi Suherman, Si Umil merupakan gambaran dari Sisingaan yang merupakan kesenian khas Kabupaten Subang.

“Nick name Si Umil merupakan kependekan dari kalimat “Siap Untuk Memilih”, yang merupakan semangat urang Subang untuk mensukseskan Pilkada dengan kesiapan untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya,” kata Epan.

“Pada gambar maskot Si Umil juga ditambahkan tagline : “Hayu Urang Nyoblos” yang merupakan seruan atau ajakan kepada masyarakat Subang agar antusias mengikuti proses Pilkada ini dengan menggunakan hak pilihnya,” lanjutnya.

Acara Launching tahapan Pilkada Serentak 2018 tersebut berlangsung meriah. Pada kesempatan tersebut ditampilkan atraksi seni gotong sisingaan dengan salah satu bonela singa yang digotong berbentuk Si Umil. Ditampilkan pula rampak kendang dan penampilan seni lainnya, termasuk dari penyandang disabilitas.

Ketua KPU Subang, Maman Suparman mengajak semua kalangan agar sama-sama turut menyukseskan Pilkada Serentak 2018. KPU Kabupaten Subang sudah siap melaksanakan semua tahapan Pilkada dan menjadikannya sebagai wisata politik sesuai keinginan KPU Jabar.

“Kami punya tagline: Pemilu Bahagia. Artinya berintegritas, akuntabel, humanis, akuntabel, gempita, inspiratif, dan amanah,” kata Maman.

Menurut dia, peluncuran maskot Si Umil sebagai bukti KPU Subang siap menyelenggarakan Pilkada Serentak pada Juni 2018.

 

Berita Terkait: