Aep Oboy Dedikasikan Hidupnya Untuk Lestarikan Toleat

KOTASUBANG.com, Subang – Sejarah pernah terukir di Alun-alun Subang 5 April 2015 bertepatan dengan HUT Subang Ke-67, sebanyak 1250 pelajar berhasil memecahkan rekor MURI meniup toleat dengan jumlah peniup terbanyak. Adalah Asep Nurbudi, S.Sn atau yang lebih dikenal dengan sapaan Aep Obboy, menjadi salah satu orang yang paling berperan dalam momen tersebut. Dirinya terjun langsung melatih ribuan pelajar tersebut.

Aep Obboy adalah tokoh yang konsisten dalam melestarikan alat musik toleat ini. Hingga saat ini memang terbilang belum banyak musisi yang mahir dalam memainkannya. sebagai bentuk dedikasinya untuk melestarikan alat musik tersebut, pria kelahiran Subang 27 Juli 1970 ini mendirikan sebuah sanggar seni yang bernama Emper Pare Toleater ditempat tinggalnya yang beralamat di Komplek RSS Sidodadi Blok. A Subang.

Selain di Subang, pria lulusan STSI Bandung tahun 2009 ini sudah membawa Toleat melanglang buana hingga ke mancanegara diantaranya pada acara Muhibah Pergelaran Budaya Subang di Penang Malaysia pada tahun 2010 lalu. Dirinya juga telah menampilkan Toleat diberbagai kota di Indonesia diantaranya, Pertunjukan Music World Toleat di Bandung tahun 2004, Workshop Alat Musik Toleat di USU Medan tahun 2009, Pagelaran seni sunda di Makasar tahun 2009, Irut Pincut Seni Tiup di UNPAD Bandung tahun 2011. Selain itu dia juga pernah membawa toleat tampil pada Festival Legian Bali pada tahun 2013, Pagelaran Komunitas Orang Sunda di Bontang Kaltim pada tahun 2013, Festival Musik Banmbu Nusantara di Solo tahun 2015 dan Pagelaran Toleat di Taman Budaya Bandung 2016.

Saat ini Aep Oboy tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang dan menjabat sebagai staf di Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan.