Demi UMK, Buruh Tetap Bertahan Dalam Hujan, Bupati Tak Kunjung Datang

KOTASUBANG.com, Subang – Ratusan buruh Subang hari ini, Kamis (16/11/2017) kembali berunjukrasa di depan kantor Bupati Subang setelah sebelumnya menyambangi kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi di jalan Mayjen Soetoyo, Subang. Datang sejak tengah hari, ratusan buruh ini bertahan hingga menjelang magrib meski diguyur hujan.

Dalam aksinya buruh kembali menuntut Bupati Subang untuk tidak menetapkan UMK berdasarkanPP 78 tahun 2015, menuntut untuk tidak menetapkan upah dibawah UMK bagi sektor Padat Karya, menetapkan UMSK Subang Tahun 2018 dan menuntut Bupati Subang untuk mensegerakan adanya Perda Ketenagakerjaan Kabupaten Subang.

Tadinya ratusan buruh tersebut berharap bisa bertemu langsung dengan Bupati Imas untuk menyampaikan tuntutannya, namun sayang Bupati Imas tak kunjung menemui para buruh.

“Mana bupati, hari ini kita datang kembali untuk menyuarakan hak-hak kami sebagai buruh. Kami disini secara tegas menuntut kepada bupati untuk tidak menetapkan UKM berdasarkan PP No. 78 tahun 2015 karena aturan itu sangat merugikan buruh. Selain itu kami juga mempertanyakan kenapa penetapan UMK 2018 begitu cepat,” kata salah seorang perwakilan buruh Suwira dalam orasinya.

Dalam cuaca hujan akhirnya perwakilan mereka dipersilahkan masuk diterima Asda III, H.Asep, Kadisnaker dan pejabat terkait lainnya, namun pertemuan tidak tuntas karena buruh memilih walk out.