Dapat Pinjaman 14.2 Triliun dari Jepang, Pelabuhan Patimban Mulai Dibangun April 2018

KOTASUBANG.com, Jakarta – Pembangunan fase pertama pelabuhan internasional Patimban akan segera dilakukan April 2018 mendatang, kepastian ini diperoleh setelah ditandatanganinya perjanjian pinjaman proyek pembangunan pelabuhan internasional Patimban Subang oleh Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Robert Pakpahan dan Chief Representative Japan International Coorporation Agency (JIKA) Indonesia Office di Aula Djuanda 1 Kementerian Keuangan Jl. Dr. Wahidin Raya No. 1 Jakarta, Rabu (15/11/2017). Penandatangan yang disaksikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan senior Vice President JICA Syinya Ejima, serta Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih.

Total pinjaman untuk pembangunan pelabuhan patimban fase 1 itu senilai JPY 118,209 atau setara dengan Rp 14,2 triliun. Pinjaman dari JICA tersebut akan dimanfaatkan untuk pembangunan jalan akses sepanjang 8,1 kilometer, terminal, jembatan dan back-up area pelabuhan.

“Alhamdulillah mengenai pinjaman pembiyayan proyek Patimban fase 1 dari JICA Jepang telah ditandatangani, jumlahnya sebesar 14,3 triliun, dengan jangka waktu pinjaman 40 tahun dan bunga hanya sebesar 0,01. Rencananya April nanti sudah action. Mudah-mudah terus lancar sampai tahap selanjutnya, ” kata Bupati Imas Aryumningsih di laman Facebooknya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan dengan kucuran pinjaman tersebut diharapkan pembangunan bisa segera dilaksanakan pada bulan Maret 2018 mendatang. Sehingga, pelabuhan Patimban yang terletak di Kabupaten Subang itu bisa segera beroperasi.

“Kita berharap soft opening pelabuhan Patimban bisa dilakukan pada Maret 2019. Ini akan jadi pusat logistik bertaraf internasional terutama untuk mendukung industri manufaktur yang berkembang pesat di daerah Jawa Barat,” ujarnya.

Berita Terkait: