Gagal Panen, Petani Pabuaran Buat Bengkel Sawah

KOTASUBANG.com, Pabuaran -Inisiatif pemuda untuk menjawab persoalan gagal panen di Pabuaran dengan cara mengundang pihak pihak terkait untuk bediskusi. Digagas oleh Ketua Karang Taruna Kec. Pabuaran Untuk membuat forum diskusi dengan judul BENGKEL SAWAH #1 Pabuaran , Jumat (10/11/2017) membahas persoalan mulai dari pemilihan bibit unggul dan cara perlakuan terhadap benih tersebut kemudia pola tanam, pemupukan, pemeliharaan, pengawasan hingga penanganan terhadap hama dan penyakit.

Bengkel Sawah #1 merupakan sarana bagi petani dalam menjawab persoalan saat ini. Nara sumber dari berbagai elemen pendukung pertanian, mulai dari kepala UPTD pertanian Pabuaran, PPL pertanian, Kelompok Tani dari Desa Kadawung, Kepala Desa Kadawung, GERAKAN PEMUDA TANI INDONESIA/ GEMPITA SUBANG dan perwakilan dari PT. PUPUK KUJANG serta Perwakilan dari PT. DARMA PUTRA BALEBAT berlangsung sederhana namun cukup meriah.

Dalam acara ini juga diperkenalkan pola tanam domino sistem oleh Wewep dari PT. DARMA PUTRA BALEBAT yang diharapkan dapat meningkatkan produktifitas pertanian hingga 2 kali lipat pada luas area yang sama dengan cara menempatkan pola tanam seefisien mungkin tanpa merubah perilaku dan kebiasaan petani kecuali perlakuan terhadap benih. Selain itu dari PT. PUPUK KUJANG yang diwakili oleh Samid Anjasmara menjelaskan bahwa gagal panen hingga 3 kali tersebut diakibatkan terjadinya penumpukan unsur hara yang tidak terserap oleh tanaman padi sehingga kondisi lahan perlu diurai kembali agar mencapai pada kondisi yang diinginkan.

Kegiatan dengan nuansa santai dan gembira ini dilanjutkan dengan tanya jawab berbagai keluhan petani.
Acara ini disambut antusias petani warga kadawung karena dapat bertukar pikiran dan berharap agar dilakukan secara terus menerus.

GEMPITA dan Karang Taruna Kec. Pabuaran akan menjadikan Bengkel Sawah ini sebagai simpul pertemuan antara semua elemen pendukung pertanian untuk membahas dan menjawab setiap permasalahan dengan titik Simpul BENGKEL SAWAH di Kp. Cilekor 2 Desa Kadawung Kec. Pabuaran.