Tahapan Pilkada Subang 2018 Dimulai Bulan Ini

KOTASUBANG.com, Subang – Tahapan pemilu kepala daerah (Pilkada) Serentak 2018 di Kabupaten Subang dimulai bulan November ini. Bulan ini pasangan bakal calon dari jalur perseorangan wajib menyerahkan syarat dukungannya berupa fotokopi e-KTP dilengkapi dengan surat pernyataan dukungan.  Ketua KPUD Subang  Maman Suparman mengatakan untuk bakal calon perseorangan wajib menyerahkan fotokopi e-KTP sebagai syarat dukungan sebanyak 75.405. Jumlah itu merupakan hasil penghitungan sesuai persyaratan yaitu 6,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pilpres 1.160.000 yang sudah ditetapkan KPU dan harus tersebar minimal di 16 kecamatan.  Pendaftaran bakal calon perseorangan tersebut dijadwalkan pada 25 – 29 November 2017.

Untuk itu dalam rangka memperkuat pelayanan pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2018, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Subang akan melaksanakan Sosialisasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) Rabu 8 November 2017 di Grant Hotel.

“Untuk sosialisasi Silon besok kita fokuskan kepada para bacalonbup dari jalur Perseorangan karena pada tanggal 25-29 November sudah mulai tahapan pendaftaran bacalonbup dari jalur Perseorangan,” kata Maman.

 

KPUD Subang telah mengundang 29 orang, terdiri 14 parpol dan 15 bakal calon yang berpotensi maju di jalur perseorangan. Setiap bakal pasangan calon dari jalur perseorangan diminta hadir bersama satu orang yang memiliki kemampuan IT. Nantinya orang orang tersebut menjadi penghubung dengan KPU yang bertugas menjadi operator Sistem Informasi Pencalonan (SILON)  perseorangan. KPU kini menggunakan beberapa sistem berbasis IT seperti Sidalih, Sipol, Silon, Situng, Silog, dan Sitap.