Nyapu Lembur, Jadi Budaya Warga Kampung Adat Banceuy Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Kerap dikunjungi wisatawan dan siswa sekolah dari berbagai kota, warga Kampung Adat Banceuy, Desa Sanca, Kecamatan Ciater terus menggalakan kegiatan “Nyapu Lembur”, yaitu kegiatan bersih-bersih kampung yang dilaksanakan oleh anggota Karang Taruna dan warga kampung.

Tokoh pemuda kampung adat Banceuy, Odang Somyang mengatakan, kegiatan ini rutin digelar setiap hari minggu. bersih-bersih dilakukan mulai dari jalan utama hingga ke gang-gang kampung.

“Sampah-sampah yang kita pilah, yang sudah tak berguna di bakar, sedangkan yang bisa jual kita kumpulkan,” ujarnya.

Kegiatan Nyapu Lembur merupakan salah satu budaya yang tengah digalakkan di kampung adat Banceuy. Kampung ini juga memiliki kekayaan adat istiadat lainnya. Salah satunya adalah Ngaruwat Bumi yang diselenggarakan rutin setiap tahun. (Baca juga : Ruwatan Bumi Kampung Adat Banceuy, Subang )

Dengan adat istiadat yang masih terjaga tersebut kampung adat Banceuy kerap dikunjungi oleh para siswa dari berbagai kota. Bulan ini ada 2 kegiatan kunjungan. Yang pertama dari ratusan siswa SMA Angkasa Lanud Husein yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan Ekologi 5-7 Oktober 2017. Dan yang kedua ratusan siswa SMA Labschool yang menyelenggarakan kegiatan Trip observasi pada tanggal 19-23 Oktober lalu. (baca juga : Seru ! Ratusan Pelajar Bandung Belajar di Kampung Adat Banceuy, Subang )

Selama berada di Banceuy mereka menginap di rumah-rumah penduduk. berbagai kegiatan diselenggarakan dalam kegiatan tersebut seperti pengenalan adat istiadat, budaya bertani, kesenian dan kunjungan ke Curug Bentang yang merupakan salah satu potensi wisata yang dimiliki desa Sanca.