17 Agustus, 15 Napi LP Subang Dibebaskan

logo HUT RIPada peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agusutus, 620 narapidana di Lembaga Permasyarakatan (LP) Kabupaten Subang akan mendapat remisi. Pengurangan masa tahanan itu bervariasi mulai enam sampai satu tahun.

Kasi Bimbingan Napi/Anak Didik (Kasibinadik) LP Subang Iwa Bachtiar mengatakan dari 962 warga binaan yang terdiri dari 800 narapidana dan 162 tahanan, sebanyak 15 narapidana di antaranya akan dibebaskan. Sejumlah narapidana yang akan dibebaskan itu warga binaan yang tersandung kasus kriminal.

“Bila dibebaskan, mereka tidak akan meresahkan masyarakat, kehadiran mereka di lapas dikarenakan tindakan pencurian dengan masa tahanan di bawah 2 tahun. Dan dari sejumlah napi yang dibebaskan itu tidak ada yang merupakan residivis,” kata Iwa, Kamis (15/8/2013).

Dia menambahkan narapidana yang bebas pada 17 Agustus mendatang mencapai 18 orang, namun karena 3 di antaranya belum membayar subsider, sehingga pembebasan ditunda. Menurutnya, jika remisi itu diberikan kepada sejumlah narapidana yang telah memenuhi ketentuan di antaranya telah menjalani sepertiga masa yang dikenakan. Pengajuan remisi bagi sejumlah narapidana itu nantinya akan diteruskan ke Kanwil, dan setelah disetujui pihak Lapas akan mendapatkan Surat Keputusan (SK) mengenai siapa saja yang mendapatkan remisi.

“Tentu yang mendapatkan remisi adalah para narapidana yang berprilaku baik. Salah satu syaratnya yakni telah menjalani 6 bulan pidana,” kata Iwa.

Selain itu, dia menambahkan jadwal kunjungan terhadap narapidana di bulan Agustus ini meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Hal itu, jelasnya karena dipicu oleh momen Lebaran.

“Pada hari H Lebaran dan sesudahnya pengunjung narapidana meningkat, bisa diperkirakan jika setiap harinya sekitar 230 narapidana yang mendapat kunjungan, kalo biasanya hanya sekitar 50,” katanya. (Inilah)