Inilah Zona Kampanye Pilbup Subang, Jawa Barat

pengundian nomor urut pilkada suabng 2013Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Subang, Jawa Barat, menetapkan enam zona kampanye Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Subang 2013 yang akan berlangsung pada 8 September mendatang.

“Sudah ditetapkan melalui rapat pleno KPUD, kemarin,” kata Ketua KPUD Subang, Ahmad Mudofir, kepada Tempo, Kamis, 15 Agustus 2013. Rapat dihadiri pasangan calon bupati dan wakil bupati, para tim sukses, dan unsur pimpinan daerah.

Keenam zona kampanye yang telah ditetapkan tersebut yakni zona satu meliputi Kecamatan Subang, Cibogo, Cijambe, Pagaden, dan Cipunagara. Zona dua yaitu Kecamatan Tanjung Siang, Cisalak, Kasomalang, Ciater, Jalancagak, Sagalaherang, dan Serangpanjang.

Lalu zona tiga meliputi Kecamatan Dawuan, Kalijati, Cipeundeuy, dan Pabuaran. Kemudian zona empat terdiri dari Kecamatan Patokbeusi, Sukasari, Blanakan, dan Legonkulon.

Seterusnya, zona lima meliputi Kecamatan Pusakanagara, Pusakajaya, Pamanukan, Compreng, dan Tambakdahan. Adapun zona enam terdiri dari Kecamatan Binong, Pagaden Barat, Cikaum, dan Purwadadi.

Pemilihan Bupati Subang ini diikuti oleh enam pasangan calon. Mereka adalah pasangan calon nomor urut 1, Agus Masykur-Asep Rohman Dimyati (koalisi PKS-PAN); pasangan urut dua, Makmur Sutisna-Asep Muslihat (koalisi Hanura dan 14 partai nonparlemen); nomor urut 3, pasangan KH Ahmad Juanda-Ade Suhaya (Partai Demokrat).

Lalu pasangan nomor urut empat, pasangan (inkumben) Ojang Sohandi-Imas Aryumningsih (koalisi PDIP-Golkar); pasangan nomor lima dari jalur perseorangan yakni Atin Supriyatin-Nina Nurhayati; dan pasangan nomor enam juga dari jalur perseorangan, Riza Hanafi-Ade Kosasih, di zona enam.

Menurut Mudofir, setiap pasangan calon diberi ruang dan kebebasan berkreasi dan berekspresi. “Baik yang bersifat terbuka, tertutup, lewat pemasangan alat peraga, door to door, dan sebagainya, asalkan tidak melabrak aturan yang telah ditentukan,” ujarnya.

Adapun pelaksanaan kampanye akan berlangsung sejak 23 Agustus hingga 3 September 2013. Sebelum masa kampanye digelar, KPUD akan menggelar penyampaian visi dan misi para pasangan calon yang akan dilangsungkan di gedung DPRD Subang secara terbuka.

Pada 4 September 2013, dijadwalkan sesi debat terbuka para pasangan calon. “Semua jadwal tersebut sudah disetujui KPUD serta para pasangan calon dan tim suksesnya,” kata Mudofir. (Tempo)