Unik ! Padudan Ukir (Pipa Rokok) dari Bonggol Pisang

KOTASUBANG.com, Subang – Bagi kebanyakan orang bonggol akar pisang mungkin tidak ada artinya, tapi ditangan Solihin, bonggol pisang ini bisa dijadikan sebuah karya yang menarik. Bonggol pisang yang teksturnya cenderung lembek ini ternyata dengan proses tertentu bisa menjadi keras seperti kayu dan dapat dibentuk berbagai karya, salah satunya berupa Padudan alias cangklong atau pipa rokok.

Sejak tahun tahun 2015 lalu pria yang tinggal di kelurahan Karang Anyar ini mulai membuat Padudan berbahan bonggol pisang ini. Kemampuannya dalam mengukir mebuat Padudan hasil karyanya bernilai seni tinggi. Ia membuat berbagai bentuk padudan, mulai dari bentuk ular kobra, naga, burung dan banyak lagi.

Padudan hasil karyanya banyak di jual ke daerah Garut dan daerah priangan lainnya. Di daearah tersebut, karya seni ini menurut Solihin bahkan sering dilombakan.Untuk di daerah Subang justru Padudan buatannya belum dikenal. Harga dari Padudan buatannya berbeda-beda tergantung dari kerumitan bentuknya. Ia membaderol padudannya mulai dari harga 50 ribu hingga 1 juta rupiah.

elain dari bonggo pisang, karya seni ini ternyata juga dapat dibuat dari bahan bonggol buah nangka. Menurut Solihin, merokok menggunakan dari Padudan yang terbuat dari bonggol buah nangka memiliki citra rasa tersendiri. Selian dari bahan bonggol pisang dan nangka Solihin juga bisa membuat Padudan dari bahan kayu. Dan dengan keterampilannya dalam mengukir, ia juga bisa mebuat berbagai bentuk karya seni lainnya.

Untuk pemesanan Padudan atau karya seni buatan Solihin, bisa menghubungi nomor 0823 1557 2148.