Rp 130 Miliar Dana APBD Subang Menganggur

logo subangAlokasi dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni Tahun Anggaran 2013 Kabupaten Subang, Jawa Barat, sebesar Rp 130 miliar dari total APBD 2013 sebesar Rp 1,5 trilun, tidak terserap.

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Abdurahman mengungkapkan, alokasi dana yang tidak terserap tersebut hampir terjadi di seluruh Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD). Di antaranya alokasi dana bantuan sosial (bansos) yang totalnya Rp 58 miliar, yang belum terserapnya mencapai Rp 10 miliar,” papar Abdurahman, Kamis 15 Agustus 2013.

Dana APBD murni yang tidak terserap tersebut, kata Abdurahman, lalu dimasukan ke dalam sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) yang kemudian akan dimasukan dalam pembahasan APBD perubahan 2013. “Kamis hari ini, soal sisa anggaran yang tidak terserap itu akan di bahas dalam rapat paripurna DPRD tentang APBD Perubahan 2013,” ujarnya.

Abdurahman berharap, Dewan sepakat untuk mengalihkan silpa APBD murni yang tidak terserap tersebut buat kepentingan pembangunan bidang infrastruktur jalan kabupaten dan pendidikan.

Mohammad Noor Wibowo, anggota DPRD Subang, mengaku tidak setuju ihwal usulan penggunaan dana silpa tersebut dialokasikan buat alokasi dana pendidikan. “Dunia pendidikan itu kan sudah banyak dapat bantuan dari pusat dan pemerintah provinsi,” ujarnya.

Kalau untuk mendanai infrastruktur jalan kabupaten, dia menyetujuinya. “Sebab, pembangunan infrastruktur jalan itu hasilnya akan dirasakan oleh semua lapisan masyarakat,” ujar Noor Wobowo.

Soal lain yang juga perlu mendapatkan perhatian dalam pembahasan penggunaan silpa tersebut yakni masalah kesehatan. “Kami ingin dana buat jaminan kesehatan daerah itu di tambah,” tuturnya. “Bantuan alokasi dana Jamkesda misalnya, ditambah Rp 2 miliar lagi.” (Tempo)