Provinsi Lampung Study Banding ke PLUT-KUMKM Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Pusat Layanan Usaha Terpadu-KUMKM (PLUT-KUMKM) Kabupàten Subang menerima kunjungan studi banding dari PLUT-KUMKM Provinsi Lampung, Selasa (17/10/2017).

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala UPTD PLUT-KUMKM Provinsi Lampung, Siti Raudah.

“Kami melihat apa yang sudah dilakukan PLUT Subang dalam pendamping KUMKM sudah menunjukkan hasil, karenanya kami datang ke Subang untuk studi banding,” kata Siti Raudah.

Dalam kesempatan tersebut, PLUT Lampung mendapat penjelasan mengenai kinerja yang telah dilakukan oleh PLUT Subang.

Pendamping PLUT Lampung, Atun mengungkapkan, setelah kunjungan ke PLUT Subang banyak hal yang bisa dipelajari. Salah satu hal yang dapat diambil adalah bagaimana PLUT Subang berupaya mengikis ego sektoral dalam pembinaan UKM di Subang.

“Kami salut teman-teman di PLUT Subang bisa sampai di titik ini,” ungkapnya.

Selama ini antar dinas yang menaungi UKM di daerah sering kali ingin menunjukkan ego sektoralnya, misalnya dalam pemberian bantuan kemasan kepada UKM biasanya di tuliskan nama binaan dinas atau Instansinya.

“Namun PLUT Subang berani untuk tidak melakukan hal tersebut, hal ini sangat baik untuk dicontoh,” kata Atun.

Pendamping PLUT KUMKM Subang, Sandy Hallymansyah mengungkapkan bahwa PLUT Subang memang terus berupaya untuk mengikis ego sektoral dalam pembinaan UKM di Subang.

“Meskipun secara struktural, kami di bawah Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP), kami juga selalu menyarankan UKM untuk terus bersilaturahmi dan berkoordinasi dengan berbagai dinas lainnya yang terkait dengan UKM seperti Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan instansi lainnya,” ungkapnya.

Sandy mengatakan, meskipun PLUT memberikan gratis layanan desain label kemasan, namun para pelaku UKM tidak pernah mencantumkan PLUT di label yang desain bahwa itu binaan PLUT.

“Kami hanya mencantumkan logo “Subang Product” dalam kemasan tersebut. Ini salah satu upaya mengikis ego sektoral,” jelas Sandy.

Studi banding PLUT Lampung kemudian dilanjutkan kunjungan ke UKM Alam Sari, di sentra olahan nanas Jalan Cagak. Baik Subang maupun Lampung keduanya merupakan penghasil buah Nanas.

Sementara itu mewakili DKUPP, Kasi Bina Usaha koperasi, H. Susani menyambut baik kunjungan PLUT Lampung ke Subang.

“Dengan kunjungan ini diharapkan ada hal yang bisa dipelajari dari kedua belah pihak mengenai pendampingan UKM,” katanya.