Himpunan Alumni IPB Jawa Barat Gelar Silaturahmi Akbar di Bogor

KOTASUBANG.com, Bogor – Himpunan Alumni IPB DPD Jawa Barat menggelar acara SERASI (Seminar, Rapat Kerja dan Silaturahmi) di kota Bogor, 14-15 Oktober 2017. Hadir dalam acara tersebut  Ketua umum DPP HA IPB, Sekjen DPP HA IPB, Pengurus DPP, Ketum DPD HA IPB Jawa Barat, Sekjen DPD HA IPB Jawa Barat, Pengurus DPD HA IPB Jawa Barat, Ketua DPC HA IPB Se-Jawa Barat, dan beberapa Alumni senior IPB.

Ketua Umum DPP HA IPB Bambang Hendroyono mengungkapkan apresiasinya atas apa yang telah diselenggarakan oleh DPD HA IPB Jawa Barat.

“Program-program yang bagus dilanjutkan, agar terus bisa sinergis, yang harus kita lanjutkan adalah Program Koperasi, Program Yayasan Alumni IPB, dan juga Kontribusi yang terbaik semua potensi yang ada dari Alumni IPB”, ungkapnya.

Acara diawali dengan Seminar Agricultural Based Community Development (Pengembangan Masyarakat Berbasis Pertanian) yang diselenggarakan hari Sabtu, 14 Oktober 2017 di Bappeda Kabupaten Bogor. Hadir dalam seminar tersebut para praktisi dan pengambil kebijakan di bidang pertanian untuk membahas konsep yang dimaksud.

Kemudian pada hari yang sama diselenggarakan  Rapat Kerja Daerah DPD HA IPB Jawa Barat bertempat di Bakorwil Provinsi Jawa Barat, Jl. Djuanda No 4. Kegiatan ini membahas program kerja di setiap divisi DPD HA IPB Jawa Barat. Harapannya DPD Jawa Barat harus bisa mengayomi berbagai program kerja yang sudah ditetapkan setiap DPC dan menghimpun menjadi program kerja yang terkoordinasi dengan baik dan efektif. Tidak tumpang tindih dan tentu memperlancar kerja setiap DPC. DPD HA IPB Jawa Barat harus bisa berperan menjadi penasehat dan pelindung DPC yang berada dalam koordinasi wilayahnya.

Ketua DPD HA IPB Jawa Barat Yana Hawi Arifin mengungkapkan, Himpunan Alumni IPB DPD Jawa Barat, semenjak penyelenggaraan Musyawarah Daerah DPD Jawa Barat pada tanggal 13 Mei 2017 lalu di Bandung sudah melakukan berbagai rapat koordinasi internal dan perekrutan anggota himpunan dan dewan pengurus. Dalam waktu 5 (lima) bulan ini, sebagai Ketua HA IPB DPD Jawa Barat, kita pantau pergerakan 27 DPC di Jawa Barat. DPC-DPC tersebut sudah memiliki program kerja yang ditetapkan saat Rakercab yang diselenggarakan masing-masing dalam waktu yang berbeda-beda. Bahkan, beberapa program kerja DPC sudah berjalan. Seperti Program Gowes-nya DPC Bekasi, Usaha Bersama Rumah Makan DPC Depok, Hijau Hari Bumi DPC Kuningan, acara gathering DPC Kota dan Kabupaten Bandung, Klinik Tanaman di DPC Subang, BOTRAM dan pengguliran program Teras Bogor nya Kabupaten Bogor, rapat internal kepanitiaan Urban Farming Expo DPC Kota Bogor, Aksi Peduli Sesama DPC Sukabumi, Penggalangan Beasiswa Pangandaran dan kegiatan lainnya. (Baca juga : Hadapi Wereng, Alumni IPB Subang Latih 2500 Petani)

“Ide-ide dan gagasan tersebut menjadi bermakna saat menjadi program kerja yang berjalan optimal dan efisien. Sareundeuk Saigel Sabobot Sapihanean adalah prinsip yang perlu diguar dan perlu diterapkan demi keguyuban organisasi. HA IPB sebagai organisasi yang formal akan hebat bila anggotanya juga guyub, karena keguyuban ini membuat langkah ringan dan menyenangkan. Sauyunan, Sapapait, Samamanis, Sacai jadi saleuwi, sadarat jadi salebak. Atau dengan bahasa sederhananya, HA IPB satu tujuan. Satu tekad. Kobarkan semangat berkarya untuk HA IPB,” ungkapnya.

Jiwa dari Sareundeuk Saigel Sabobot Sapihanean ini menurutnya bisa dimulai dari mengabaikan perbedaan. Baik perbedaan latar belakang, wilayah, profesi bahkan pemikiran. Namun itu dijadikan modal untuk bersatu. Selalu bersama-sama, tidak pernah bertengkar karena berbeda pendapat, rukun dan saling menghargai.

“ Mari kita patrikan peribahasa Sunda ini dan kita fahamkan diri dengan jiwa yang terkandungnya. “Sauyunan, layeut, teu aya pacengkadan, lulus runtut. Paheutkeun silaturahmi, ulah pegat najan paanggang, ulah luntur najan jauh, mun sajalan pasti jaya, papisah tinangtu ancur. Meungkeut pageuh silaturahmi”, lanjutnya.

Untuk itu, pada Minggu 15 Oktober 2017 rangkaian acara dilanjutkan dengan Silatbar 2017 atau Silaturahmi akbar bersama HA IPB se-Jawa Barat di Baranangsiang, Bogor.

Berbagai acara diselenggarakan pada SILATBAR kali ini. Mulai dari riung mungpulung alumni, campus story hingga Sunda Heplathon atau 6 pertandingan permainan tradisional antar Alumni. Permainan tradisional yang ditandingkan akan berupa Rally Estafet Sondah, Gatrik, Cing Boy, Dompu dan ketepel.

Acara menarik lainnya adalah Botram Akbar. Berbagai menu khas telah disiapkan panitia mulai dari Nasi Liwet Dapur The eRYe, hingga makanan tradisional khas Bogor dan IPB berupa Doclang, Toge Goreng, dan rebus-rebusan produk pertanian.

“Semoga dengan acara ini HA IPB DPD Jawa Barat makin solid. HA IPB DPD Jawa Barat harus bisa menaungi DPC-DPC yang sudah terbentuk dan mensinergikan langkah, menyatukan tujuan dan mewadahi kontribusi alumni terhadap sesama alumni, almamater maupun masyarakat. Sepaham sejalan tidak ada perselisihan. HA IPB Jawa Barat, Satu hati dalam membangun dan menjaga organisasi yang berlandaskan kebersamaan, persaudaraan dan kepedulian sesama anggota,” pungkasnya. (Baca Juga : Dimulai dari Subang, DPP HA-IPB Ajak Alumni Tanam Padi IPB3S )

(foto : HA-IPB)