Seru ! Ratusan Pelajar Bandung Belajar di Kampung Adat Banceuy, Subang

KOTASUBANG.com, Ciater – Ratusan pelajar dari SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung melakukan kegiatan Edu Ecology di kampung Adat Banceuy, Desa Sanca, Kecamatan Ciater. Kegiatan tersebut berlangsung tanggal 5 -7 Oktober 2017 lalu. Dalam kesempatan tersebut para pelajar diperkenalkan dengan berbagai kegiatan masyarakat di kampung Adat Banceuy. Selama kegiatan, mereka tinggal di rumah-rumah penduduk.

Tokoh masyarakat setempat, Odang Somyang menyambut baik kunjungan ratusan pelajar dan guru tersebut ke kampung adat Banceuy. Berbagai kegiatan telah disiapkan olehnya dan masyarakat Banceuy untuk menyambut rausan pelajar dan guru dari Bandung tersebut. Kedatangan mereka langsung disambut oleh sebuah upacara adat kampung Banceuy.

“Mereka diperkenalkan dengan adat istiadat kampung Banceuy, belajar celempung dan berbagai kesenian lain, diajak bagaimana cara bercocok tanam di sawah dan masih banyak lagi kegiatan yang dilaksanakan,” ungkap Odang.

Selain diperkenalkan pada adat dan budaya yang ada di kampung adat Banceuy, para pelajar ini juga diajak berkunjung ke tempat-tempat yang memiliki potensi wisata.

“Para pelajar ini juga sangat senang kami ajak ke curug Bentang dan menikmati alam desa Sanca,” ujarnya.

Selain kunjungan dari SMA Angkasa Bandung, menurut Odang sebelumnya kampung adat Banceuy juga sering dijadikan lokasi kegiatan serupa oleh pelajar maupun mahasiswa lain dari berbagai kota. Kampung adat Banceuy dikenal dengan upacara adat tahunannya yaitu Ruwatan Bumi Banceuy yang diselenggarakan setiap selasa-rabu terakhir sebelum 1 Muharam. Para pejabat Pemda Subang maupun provinsi kerap menghadiri upacara adat ini setiap tahunnya.