Ikuti Gelaran Jabar Ngagaya 2017, Batik Khas Subang Makin Dikenal

KOTASUBANG.com, Bandung – Batik Subang kini semakin populer. Sabtu lalu (30/9/2017) pada rangkaian perayaan hari jadi provinsi Jawa Barat ke-72, batik khas Subang turut ditampilkankan dalam sebuah fashion show pada gelaran Jabar Ngagaya 2017. Batik khas Subang kini sejajar dengan beberapa daerah di Jawa Barat lainnya. Adalah Mulyana, owner dari produk batik khas Subang dengan merek Batik Ganasan yang mengikuti gelaran tersebut. Hanya ada 14 Kota/Kabupaten yang kain batik khasnya turut ditampilkan.

“Alhamdulillah batik khas Subang bisa turut diperkenalkan pada gelaran Jabar Ngagaya 2017 ini,” ujar Mulyana.

Pada kesempatan tersebut ada 2 motif batik yang ditampilkan yaitu tumpalan sekar dan ganas sekar peuteuy. Kedua motif batik tersebut kemudian dijadikan gaun oleh desainer terkenal Retty Selya dari Indonesia Fashion Chamber. Gaun dengan motif batik khas Subang hasil rancangan desainer tersebut kemudian diperagakan oleh model di atas catwalk.

Owner Batik Ganasan, Mulyana, Owner Produk Fashion Perlente, Heni Perlente diapit oleh Desainer dan penyelenggara Jabar Ngagaya 2017

Mulyana berharap dengan mengikuti ajang bergengsi ini, batik khas Subang bisa lebih dikenal di dunia fashion Jawa Barat dan Indonesia.

“Dengan turut serta gelaran ini diharapkan batik khas Subang bisa lebih dikenal luas. Bahwa Kabupaten Subang juga memiliki batik khas yang tak kalah dengan daerah lainnya,” ungkap Mulyana.

Penanggungjawab gelaran Jabar Ngagaya 2017, Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko mengungkapkan acara ini dimaksudkan untuk meningkatkan gairah industri fashion lokal Jawa Barat.

“Diharapkan minat masyarakat akan fashion lokal Jawa Barat semakin tinggi,” katanya. (baca juga : Mulyana, Konsisten Kembangkan Batik Khas Subang)