Pecahkan Rekor, Tanjungsiang Miliki Golok Terpanjang di Dunia

KOTASUBANG.com, Tanjungsiang, Bertepatan dengan hari pariwisata dunia yang jatuh hari ini, Rabu (27/9/2017) warga masyarakat Kampung Cibeureum, Desa/Kecamatan Tanjungsiang didukung oleh Kelompok Masyarakat Penggerak Pariwisata (Kompepar) dan Pemkab Subang berhasil memecahkan rekor dunia. Rekor yang dicatatkan di Original Record Indonesia (ORI) adalah golok terpanjang di dunia, dengan panjang golok 12 meter. Bahkan setelah diukur,  tim ORI mencatatkannya sepanjang 13.1 meter.

Golok tersebut merupakan golok khas buatan masyarakat Tanjungisang, yang dikenal dengan nama golok Barlen. Daerah tersebut memang merupakan sentra pembuatan golok sejak lama. Golok produksi sudah dipasarkan ke berbagai daerah di Jawa Barat.

Taufik, ketua penyelenggara kegiatan tersebut mengungkapkan dalam kesempatan tersebut bukan hanya memamerkan golok Barlen khas Tanjungsiang, tetapi juga seni budaya dan produk hasil karya masyarakat Subang lainnya.

“Ditampilkan juga dandang atau seeng raksasa yang juga merupakan produk khas Tanjungsiang, ada pula seni budaya seperti Sisingaan dan Debus, juga dipamerkan produk-produk UKM, ” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan adanya acara ini, semakin banyak orang yang mengenal Tanjungsiang sebagai sentra penghasil golok dan berbagai produk lainnya.

Sementara itu Bupati Subang Imas Aryumningsih berharap event ini menjadi momentum untuk lebih mengenalkan produk-produk hasil karya masyarakat Subang sehingga lebih dikenal luas di Indonesia. (baca juga : Golok Barlen Khas Tanjung Siang, Sohor di Kota Tetangga)