Dedi Mulyadi : Ngaruwat Bumi Banceuy, Subang Bisa Jadi Ikon Wisata

KOTASUBANG.com, Ciater –  Benar seperti yang diungkapkan Bupati Purwakarta sekaligus Ketua DPD Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi, urang Subang itu kreatif dan guyub. Hal itu setidaknya tergambar dari penyelenggaraan Ruwatan Bumi kampung adat Banceuy, Ciater, Subang Rabu (20/9/2017) lalu.

“Urang Subang itu gotong royong, guyub, kreatif punya tradisi pedesaan dan tradisi berkesenian yang tak pernah mati.” ujar pria kelahiran Subang yang akrab di sapa kang Dedi itu.

Keguyuban warga tampak dari bagaimana mereka menyiapkan acara tahunan yang digelar selama 2 hari berturut-turut itu. Mulai dari menghias kampung, hingga iuran untuk membeli seekor kerbau yang kemudian dimasak untuk disajikan kepada para tamu yang datang. Sedangkan kreativitas warga tampak dari bagaimana mereka menyiapkan berbagai sajian kesenian yang ditampilkan. Mulai dari siswa PAUD, remaja hingga nenek-nenek turut berpartisipasi dengan menampilkan kesenian hasil karya kreativitas mereka sendiri. (baca juga : Kang Dedi Mulyadi : Urang Subang mah Keren !!!)

Dedi Mulyadi yang menghadiri acara Ruwatan Bumi Banceuy, tampak menikmati setiap momen ruwatan bumi yang menampilkan berbagai kesenian tersebut. Menurutnya, acara budaya seperti ini merupakan potensi wisata yang sangat menarik. Bahkan  acara Ngaruwat Bumi seperti di Banceuy ini bisa menjadi ikon Pariwisata Jawa Barat.

“Kegiatan Ngaruwat Bumi Banceuy ini merupakan warisan leluhur kita. Makanya perlu dilestarikan dengan baik. Hal ini bisa menjadi potensi wisata yang sangat bagus jika dikelola dengan baik, bahkan bisa menjadi ikon wisata Jawa Barat” kata Dedi.

Dalam acara Ngaruwat Bumi Banceuy tersebut ditampilkan berbagai kesenian mulai dari Tarawangsa, Celempung, Gembyung, Wayang golek, Reog, Sisingaan, Tutunggulan, Angkung dan berbagai tari-tarian hasil kreativitas swadaya masyarakat Banceuy.