Setelah di Buku Souvenir, Hari Ini Giliran Koran Malaysia Pasang Gambar Bendera Indonesia Terbalik. Kok Bisa?

KOTASUBANG.com, Kuala Lumpur – Setelah hari kemarin (19/8/2017) viral di media sosial terkait insiden terbaliknya gambar bendera Indonesia di buku panduan resmi SEA GAMES Kuala Lumpur, kini giliran Surat kabar Malaysia, Metro Ahad, ikut memasang bendera Indonesia terbalik dalam salah satu artikelnya. Edisi koran media tersebut, diterbitkan pada Minggu (20/8), menyertakan salah satu artikel seputar hajat olahraga se-Asia Tenggara tersebut. 

Dengan mengangkat judul “Mencari Jagoan”, berita itu  menampilkan infografis terkait 11 negara peserta. Di sini masalah muncul, ketika foto bendera Indonesia dipasang terbalik menjadi putih-merah. Tak hanya sekali, hal itu bahkan terjadi dua kali.

Bendera pertama untuk menjelaskan jumlah atlet Indonesia yang turun di ajang SEA Games 2017. Sedangkan, bendera terbalik lainnya digunakan untuk melengkapi tahun Indonesia menjadi tuan rumah event olah raga dua tahunan ini.
Hingga saat ini, belum ada penjelasan lebih lanjut dari surat kabar bersangkutan mengenai peristiwa tersebut.

Sebelumnya diberitakan, buku bertajuk souvenir spesial yang memuat gambar bendera Indonesia terbalik itu dibagikan kepada tamu undangan, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dalam acara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (19/8/2017). Di halaman 80 dalam buku tersebut, ada bendera negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games. Bendera Indonesia, yang seharusnya merah putih, tercetak putih merah.

Kesalahan cetak hanya terjadi pada bendera Indonesia. Sementara itu, bendera 10 negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi melancarkan protes keras kepada panitia SEA Games 2017 (Masoc). Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Kerajaan Malaysia, Khairy Jamaluddin, telah menyatakan meminta maaf atas kesalahan sama yang dilakukan panitia pada buku kenang-kenangan tersebut. (CNN/Kumparan)

Artikel Terkait:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here