H+2 Lebaran Subang Selatan Diserbu Wisatawan, Lalu Lintas Padat Lancar

kalijati macetWarga yang mengunjungi objek wisata di Kabupaten Subang seperti Ciater mulai mengalami lonjakan, seusai shalat Jumat (9/8/2013). Kondisi itu membuat arus lalu lintas kendaraan menuju objek wisata dari dua arah menjadi padat. Namun berbeda dengan tahun sebelumnya, liburan tahun ini hingga pukul 17.00 WIB tak terjadi kemacetan. Arus lalulintas hanya padat, dan sesekali tersendat di persimpangan jalan menuju objek wisata Ciater.

Iring iringan kendaraan warga yang hendak mengisi liburan ke objek wisata mulai memadati jalan dari arah Subang, sejak pukul 13.00 WIB. Mereka datang menggunakan berbagai jenis kendaraan, baik pribadi maupun angkutan umum. Malahan tak sedikit pula yang menggunakan mobil bak terbuka sarat dengan muatan dibelakangnya.

Semakin mendekati objek wisata arus lalu lintas semakin padat. Malahan sesekali laju kendaraan menjadi tersendat. Selain banyak kendaraan yang keluar masuk di persimpangan jalan menuju objek wisata Ciater, di sepanjang jalan kebun teh banyak warga yang berhenti. Mereka singgah di warung warung dadakan, atau jalan jalan di sekitar kebun teh. Akibatnya arus lalu lintas sering tersendat.

“Arus lalu lintas di sekitar Ciater, tak seperti tahun lalu. Kalau tahun lalu masuk ke sore sudah macet. Sekarang padat tapi masih melaju lancar,” kata Dindin warga Ciater.

Dia mengatakan tidak semua warga yang datang kesini masuk objek wisata Ciater. Sebab banyak pula dari mereka menghabiskan waktunya dengan nongkrong di warung warung pinggir jalan. “Mungkin ke Ciaternya cuma sebentar, mereka lebih lama menghabisi waktu dengan nongkrong di pinggir jalan. Apalagi rombongan sepeda motor. Jadi saat mereka berhenti dan mau pergi lagi itu yang menyebabkan arus lalu lintas tersendat,” katanya.

Dia juga mengatakan memasuki sore dan malam nanti, arus lalu lintas akan semakin padat. Sebab dijalan sudah ramai, ditambah lagi nantinya banyak warga pulang dari objek wisata. “Kalau pengalaman tahun lalu sih dari sore hingga malam jalan disini padat, dan macet. Tapi tidak tahu kalau hari ini, soalnya dari siang saja suasananya agak beda dari tahun lalu, belum terlihat macet,” katanya. (PR)