Abon Ikan BUAAS, Satu Lagi Oleh-oleh Subang sebagai Sentra Budidaya Ikan

KOTASUBANG.com, Subang – Kecamatan Cijambe merupakan sentra budidaya ikan air tawar di Kabupaten Subang. Puluhan ton ikan di hasilkan setiap tahunnya dari daerah ini. Melihat potensi tersebut, sejak tahun 2016 Asri Yani atau akrab dengan sapaan Aas bersama suaminya Yudi Firman, memutar otak untuk membuat produk berbahan dasar ikan sehingga nilai tambah dari ikan tersebut lebih meningkat.

“Ketika kebanyakan orang di Cijambe memasak ikan  dan di jual dalam bentuk pepes, kami mencoba sesuatu yang baru yaitu dibuat abon ikan dengan spesialisasi ikan nila. Dan ternyata responnya bagus,” ujarnya.

Abon produksinya tersebut kemudian diberi merk BUAAS, yang merupakan panggillan dirinya sendiri yang akrab disapa Bu Aas. Tak disangka, ternyata respon masyarakat cukup bagus. Dirinya kemudian terus berupaya meningkatkan kualitas produknya demi memuaskan pelanggan . Ia tak segan meminta kritikan dan masukkan dari berbagai pihak mulai dari konsumen, Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi dan UKM, dan berbagai dinas terkait.

“Alhamdulillah kami dapat masukan dari berbagai pihak yang sayang dengan kami.  Dari PLUT- KUMKM Subang misalnya kami terbantu dalam hal promosi, kemasan dan peningkatan mutu produk, demikian juga dari dinas-dinas terkait,” ungkap Bu Aas.

Bermula dari modal awal sekitar 200 ribu, kini omzet abon ikan nila produksinya mencapai 5 – 10 juta perbulan, peralatan produksinya pun semakin lengkap.

“Bahkan pada bulan ramadahan omzet kami mencapai 25 juta,” terangnya.

Kini Abon BUAAS produksi Dapoer Bu Aas sudah semakin dikenal. Pemasarannya sudah mencapai Bandung, Tangerang, Bogor, Jakarta bahkan sudah dibawa menjadi oleh-oleh hingga ke Sudan, Amerika dan Hongkong.

“Dan di musim haji ini, banyak juga yang bawa abon BUAAS sebagai bekal menunaikan ibadah haji,” katanya.

Lalu apakah yang menyebabkan produk abon ikan nila BUASS disukai pelanggannya?

“Itu karena terbuat dari 100% ikan nila segar dan bumbu racikan asli. Dan yang terpenting dibuat dengan resep khusus oleh chef handal yang tak lain adalah suami saya,” ujar Bu Aas sambil tersenyum.

Tunggu apalagi yuk cobain abon ikan BUASS. Hubungi di nomor telepon 085295333614.