Akhirnya, Setelah 20 Tahun Kota Subang Kembali Raih Piala Adipura

KOTASUBANG.com, Subang – Setelah penantian panjang selama 20 tahun, Kota Subang dipastikan akan meraih kembali piala Adipura untuk kategori kota kecil. Kepastian tersebut diperoleh setelah diterimanya surat undangan penyerahan Adipura yang ditujukan kepada Bupati Subang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI beberapa waktu lalu. Dalam surat tersebut disebutkan penyerahan Piala Adipura akan dilakukan 2 Agustus mendatang di Jakarta langsung oleh presiden Joko Widodo.

Bupati Subang Imas Aryumningsih menyambut gembira dengan diraihnya kembali piala Adipura, karena sudah sangat lama kota Subang tidak meraih piala yang menjadi penanda penataan kota yang baik. Namun menurrut Imas meskipun diraihnya piala ini merupakan kebanggaan bagi warga Subang, dirinya berharap hal ini menjadi tujuan utama.

“Sebab ada yang lebih penting, yaitu menjaga kebersihan lingkungan harus menjadi karakter, dan bagian keseharian warga, sehingga Subang bisa tetap bersih. Paling penting, hadirnya lagi Piala Adipura di Subang bisa menjadi momentum bagi semua lapisan masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan,” ungkap Imas.

Adipura, adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Program Adipura telah dilaksanakan setiap tahun sejak 1986, kemudian terhenti pada tahun 1998. Dalam lima tahun pertama, program Adipura difokuskan untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi “Kota Bersih dan Teduh”. Program Adipura kembali dicanangkan di Denpasar, Bali pada tanggal 5 Juni 2002, dan berlanjut hingga sekarang.

 

Foto Header : Kota Subang raih Adipura tahun 1996