Kisah Buruh Migran Subang Menjalankan Puasa Ramadhan dan Lebaran di Taiwan

KOTASUBANG.com, Taichung, Taiwan – Bersyukurlah bagi siapapun yang bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan Idul Fitri bersama keluarga, karena ternyata banyak juga orang yang harus rela melewati bulan ramadhan dan merayakan Idul Fitri jauh dari kampung halaman.

Salah satunya adalah Rita Aulia, dia merupakan satu dari sekian banyak Buruh Migran Indonesia asal Subang yang harus rela berjauhan dengan keluarga demi mencari nafkah di Taiwan. Rita sudah bekerja sekitar 8 tahun di kota Taichung, salah satu kota besar yang ada di Taiwan. Selama 8 kali pula sudah melewati bulan ramadhan dan merayakan Idul Fitri jauh dari keluarga.  Meski demikian, Rita tetap bersyukur, karena di Taiwan terdapat banyak  warga Indonesia khususnya yang bekerja di rumah tangga, yang juga bisa menjalankan ibadah puasa.

Menurut pengakuannya dirinya leluasa menjalankan ibadah puasa, majikan Rita sangat baik dan tidak terlalu membebaninya dengan pekerjaan yang berat.

“Malahan, di waktu sore menjelang berbuka, saya dapat menggunakan waktu ngabuburit dengan bersantai bersama teman di taman atau pergi ke perpustakaan untuk belajar,” katanya.

Satu impian Rita adalah apabila telah selesai kontrak kerjanya, ia ingin sekali bisa membuka usaha sendiri di kampung halaman, sehingga tidak perlu lagi berangkat bekerja ke luar negeri, jauh dari keluarga.

“Oleh sebab itu, saya sangat berharap agar pemerintah Indonesia baik dari perwakilan pemerintah Indonesia di Taiwan (KDEI Taipei) maupun pemerintah Kabupaten Subang bersedia memfasilitasi, membekali mantan buruh migran dengan pelatihan wirausaha sehingga kelak mereka merasa percaya diri untuk menjadi wirausaha-wirausaha baru,” terangnya.

Harapan Rita ini tentu saja merupakan representasi dari harapan para BMI lain yang saat ini berjumlah sekitar 250 ribu orang yang sedang mencari nafkah di negeri Formosa (Taiwan).

Di hari terakhir puasa di bulan ramadhan ini, Rita menyampaikan salam kepada seluruh warga Subang, sekaligus mengucapkan Selamat Idul Fitri 1438 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Pengirim :

Flemming Panggabean

Mahasiswa Doktor Manajemen Teknologi

National Chung Hsing University, Taiwan.