Survey SSIC : Inilah 3 Tokoh Perempuan Subang Paling Disukai

KOTASUBANG.com, Subang – Subang Starategic Information Center (SSIC) kembali merilis hasil survey terbarunya. Dalam survey yang digelar bulan Mei 2017 di 23 Kecamatan di Kabupaten Subang dengan 304 responden tersebut ditanyakan mengenai tokoh yang disukai oleh para responden yang merupakan pemilih pemula.

Ketika responden disodorkan pilihan nama dan foto tokoh-tokoh perempuan Subang diperoleh hasil sebagai berikut. Tiga tokoh perempuan memperoleh raihan yang tak terpaut jauh. Tokoh politik Atin Supriatin menempati urutan pertama tokoh perempuan paling disukai di kalangan pemilih pemula dengan perolehan 25,18 persen. Kemudian posisi kedua diikuti oleh Hj. Imas Aryumningsih dengan raihan 24,82 persen.  Di posisi ketiga ditempati Dewi Nirmalasari dengan raihan 22,63 persen. Selanjutnya diikuti oleh Linda Megawati 14,23 persen, Nina Hidayat 10,22 persen dan Elita Budiarti 2,92 persen.

Atin Supriatian adalah mantan ketua DPRD Kabupaten Subang periode 2009 – 2014. Dirinya merupakan kader dari PDIP, namun kemudian pada Pilkada 2013 dirinya maju melalui jalur Independen bersama dengan Nina Hidayat yang merupakan istri mantan Bupati Subang Eep Hidayat. Imas Aryumningsih merupakan Politisi Golkar yang kemudian dilantik menjadi Bupati Subang sisa jabatan 2013-2018 meneruskan jabatan Ojang Sohandi yang terjerat kasus korupsi. Dewi Nirmalasari merupakan tokoh perempuan Subang yang aktif dalam berbagai organisasi terutama organisasi kewanitaan seperti Bunda PAUD, PKK, Dekranasda, Yayasan Kanker Indonesia dan lain-lain. Dirinya juga populer dikalangan buruh Subang. Awal tahun lalu dirinya resmi diceraikan oleh mantan Bupati Subang Ojang Sohandi.

Sementara itu tokoh pria paling populer ditempati oleh Agus Masykur Rosadi dengan raihan hasil survei 24,72 persen. Kemudian diikuti oleh Asep Rohman dengan raihan 18,82 persen, H Ruhimat 15,87 persen, Beni Rudiono 12,92 persen, Ade Mulyana 11,44 persen, Endang Kosasih 9,96 persen, dan M Riza Hanafi 6,27 persen.

Peneliti SSIC Gugyh Susandy, SE, M.Si mengungkapkan selain mengenai elektabilirtas tokoh, pada survei tersebut juga ditanyakan berbagai kriteria pemimpin untuk Subang pilihan responden, mulai dari  jenis kelamin, agama, menggunakan jalur partai politik atau independen dan mengenai politik uang (money politic).

Ketika ditanyakan mengenai jenis kelamin Pemimpin Subang kedepan, sebanyak 52,96 persen responden mengharuskan pemimpin Subang mendatang laki-laki, hanya 0,35 persen yang mengharuskan pemimpin perempuan, sedangkan sebanyak 46,69 persen mengatakan laki-laki atau perempuan sama saja.

Mengenai agama, sebanyak 74,65 persen responden memilih pemimpin Subang harus yang beragama Islam. Sementara 25,35 persen, muslim atau non muslim sama saja.

Sementara itu, ketika ditanyakan mengenai jalur Parpol atau Independen, sebanyak 7,72 persen menyatakan memilih pemimpin Subang harus dari partai politik. Namun responden yang menginginkan pemimpin dari jalur independen ternyata cukup sikgifikan, yaitu sebesar 29,12 persen. Sementara sebanyak 63,16 persen menyebutkan baik dari partai politik atau independen sebenarnya sama saja.

Hal yang menarik pada survey tersebut juga ditanyakan mengenai politik uang menurut pemilih pemula. Hasilnya 78,87 persen menjawab menolak money politic. Sementara, sebanyak 18,66 persen menyebutkan ambil saja uangnya dan tidak memilih calonnya dan hanya 2,46 persen yang menyatakan akan menerima uangnya dan memilih calonnya.