Warga Cikaum Undang Dewi Nirmalasari Sosialisasi Pencegahan Kanker Serviks

KOTASUBANG.com, Subang – Kasus kanker serviks yang menimpa artis Julia Perez yang hampir setiap hari dibahas di media akhir-akhir ini telah meningkatkan kewaspadaan kaum wanita akan bahaya penyakit tersebut. Penasaran mengenai penyakit kewanitaan tersebut, warga RT 08 RW 03 Desa Cikaum Timur, Kecamatan Cikaum, Minggu (7/5/2017) berinisiatif menggelar acara sosialisasi mengenai pencegahannya.

Acara tersebut difasilitasi oleh Forum Buruh Perempuan Subang (FBPS) bersama dengan Forum Perempuan Subang Berdaya dengan mengundang Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Subang, Hj. Dewi Nirmalasari, SKM, MM sebagai pemateri.

Puluhan ibu-ibu terlihat antusias mengikuti acara “Diskusi dan Curhat Perempuan” yang dikemas serius tapi santai tersebut. Bahkan turut hadir pula bersama mereka bapak-bapak yang mengantar mereka. Hadir pula para buruh perempuan dari daerah sekitar.

Warga antusias memperhatikan

Bripka Sapdani, Bimaspol Desa Cikaum Timur mengapresiasi digelarnya acara sosialisasi kanker serviks

“Setiap dua menit, seorang perempuan di dunia ini meninggal karena kanker serviks ibu-ibu. Dan di Indonesia, tercatat terdapat satu kematian setiap jam karena penyakit ini” ujar Dewi Nirmalasari. Ibu-ibu tampak tertegun mendengar fakta tersebut.

“Namun tak usah khawatir ibu-ibu, penyakit ini tentu saja dapat dihindari asal kita tahu cara pencegahannya,” papar Dewi menenangkan.

Jalannya diskusi dan curhat terlihat hangat dan penuh dengan keakraban. Suasana serius pun menjadi penuh gelak tawa ketika sesi tanya jawab tiba. Hal ini membuat Ibu-ibu yang tadinya malu untuk bertanya menjadi antusias menanyakan berbagai hal terkait kewanitaan yang biasanya tabu untuk diutarakan di depan umum.

Warga desa Cikaum Timur mengungkapkan apresiasi yang tinggi atas digelarnya acara tersebut di desanya.

“Saya atas nama warga desa Cikaum Timur mengucapkan banyak terima kasih atas terselenggaranya acara ini, terima kasih juga buat Ibu Hj. Dewi sudah berkenan memberikan pelajaran berharga bagi warga desa kami,” ungkap Bripka Sapdani, Bimaspol Desa Cikaum Timur.

Suasana penuh keakraban

Hj. Dewi Nirmalasari, SKM,MM

“Semoga dengan acara yang sederhana ini mampu melahirkan para perempuan tangguh yang peduli dengan kesehatannya terutama kesehatan organ vitalnya. Amiiin… terima kasih atas kesediaanya Ibu Dewi Nirmalasari untuk menjadi pemateri diacara ini,” ujar Icha warga setempat.

Sementara itu Ketua FBPS Euis Tita mengungkapkan, pihaknya siap mefasilitasi untuk mengadakan acara serupa jika diperlukan di daerah lain terutama di daerah kantong buruh.

Bergantian foto bersama seusai acara