Seru!, Puluhan Penari dari Berbagai Kota di Jabar Ikuti Pasanggiri Jaipong di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Sebanyak 90 penari dari beberapa daerah di Jawa Barat seperti Bandung, Cianjur, Tasik dan Padalarang unjuk kebolehan dalam ajang pasanggiri Jaipong Tunggal yang diselenggarakan oleh Paguyuban Mojang Jajaka Kabupaten Subang di gedung Wisma Karya, Rabu (3/5/2017).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Kadisparpora) Kabupaten Subang, Ahmad Sobari menyambut baik digelarnya acara tersebut. Dirinya berharap acara ini diselenggarakan secara rutin.

“Ini salah satu bentuk kreativitas generasi muda yang sangat meninspirasi. Dengan penyelenggaraan kegiatan seperti ini secara rutin kelestarian seni Jaipong akan terjaga,” ujarnya.

Adistyana Pitaloka sebagai ketua penyelenggara kegiatan tersebut mengungkapkan, acara ini digelar karena dirinya merasa prihatin dengan generasi muda sebayanya saat ini yang seharusnya berperan dalam regenerasi untuk melestarikan kesenian daerah, namun justru lebih menggandrungi budaya luar.

“Padahal seni tradisi termasuk tarian tradisional menunjukan suatu identitas suatu bangsa dan memiliki nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya,” lanjut ketua paguyuban mojang jajaka yang tak lama lagi akan mewakili Indonesia dalam Festival Tari Internasional di Filipina, Minggu depan.

Puluhan penari tersebut dibagi dalam beberapa kategori yakni kategori SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan kategor Umum. Setiap kategori akan dipilih juara 1,2,3 dan Favorit yang akan mendapatkan trophy, piagam, uang pembinaan dan merchandise dari sponsor.