Komunitas Pesantren Se-Jabar Deklarasi Dukungan Untuk Ridwan Kamil di Subang Tanah Leluhurnya

KOTASUBANG.com, Subang –¬†Sejumlah pondok pesantren (Ponpes) di Jawa Barat yang tergabung dalam komunitas pesantren mendeklarasikan dukungan kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk maju sebagai Gubernur Jawa Barat dalam Pilkada Jabar 2018 mendatang. Sosok Ridwan Kamil dianggap mampu membawa Jawa Barat lebih baik.

Deklarasi dukungan terhadap pria yang karib disapa Emil ini dilakukan di Ponpes Pagelaran III, Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu (23/4/2017) sekaligus memperingati Isra Mi’raj. Sejumlah perwakilan Ponpes dari seluruh Jabar menghadiri kegiatan deklarasi tersebut. Deklarasi dukungan terhadap Ridwan Kamil tersebut dibacakan langsung oleh KH Abdul Halim, pengasuh pesantren Al-Bayyinah Garut.

Emil yang juga turut hadir disambut oleh ratusan santri pesantren yang berjejer di sepanjang jalan menuju ke Ponpes. Emil yang datang mengenakan baju muslim putih dan peci hitam, dikerubungi masyarakat yang berebut untuk bersalaman. Sambil membawa buket bunga, Emil meladeni permintaan Salam dari masyarakat.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku terharu dengan dukungan yang diberikan oleh komunitas pesantren se-Jawa Barat agar ia maju pada Pilgub Jabar 2018 mendatang.

“Saya terharu. Saya haturkan terima kasih atas dukungannya,” ucap pria yang karib disapa Emil saat menghadiri acara deklarasi dukungannya di pondok pesantren (Ponpes) Pagelaran III, Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu (23/4/2017).

Emil mengatakan, pesantren merupakan salah satu bagian dari sejarah hidupnya. Sebelum menjalani pendidikan formal, Emil juga menjadi santri di Ponpes Pagelaran yang didirikan kakeknya KH. Muhyiddin.

Oleh karena itu, kata Emil, dukungan dari komunitas pesantren untuk ia bertarung dalam Pilkada 2018 sangatlah penting.

“Kalau percaya, kita berjuang. Kita buat sejarah orang pesantren menjadi Gubernur Jabar,” katanya.

Sementara pembina Pesantren Pagelaran, KH Chatimul Banin Muhyiddin menyebutkan, pesantren se-Jabar sudah siap mendukung Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat. Menururt KH. Chatimul Banin Muhyiddin kakeknya Emil, KH Muhyiddin merupakan pendiri Pesantren Pagelaran di Subang yang kini memiliki jaringan diberbagai Kota dan Kabupaten di Jabar.

“Di Jawa Barat ada 9.000 pesantren, sudah saya hubungi dan menyatakan siap mendukung. Jadi kami dari komunitas sudah pesantren siap mendukung,” katanya. (detik.com)