Mudik Lewat Jalur Tengah Sadang – Subang Macet di Tiga Titik

kalijati macet
Kemacetan di Pasar Kalijati, Subang

KOTASUBANG.com, Subang. – Seperti biasanya ketika terjadi kepadatan di jalur Pantura, kendaraan yang keluar tol Cikampek akan “dibuang “ke Sadang untuk kemudian diarahkan ke jalur tengah melalui Subang. Namun pengalihan ke jalur tengah tersebut justru sering menyebabkan pemudik terjebak macet di jalur alternatif ini.

Kemacetan di tiga titik sudah merupakan hal klasik di jalur tengah yang menghubungkan Sadang dan Subang setiap musim mudik lebaran. Ketiga titik tersebut yaitu Sadang, pasar Cipeundeuy dan pasar Kalijati.

Di Sadang kemacetan biasanya terjadi mulai lampu merah Sadang hingga ke pertigaan Cimaung. Keluar masuk kendaraan yang menuju Cimaung menjadi salah satu penyebab kemacetan. Untuk mengurai kemacetan petugas membelokan kendaraan yang berasal dari arah Subang ke arah Cimaung.

Selanjutnya kemacetan biasa terjadi di Pasar Cipeundeuy, sekitar 13 km dari Sadang. Aktifitas pasar dan adanya pertigaan menuju Pabuaran menjadi penyebab kemacetan disini.

Kemudian kemacetan biasa terjadi di pasar Kalijati yang berjarak sekitar 12 km dari pasar Cipeundeuy. Lokasi pasar Kalijati yang berdekatan dengan perempatan jalan menjadi penyebab utama kemacetan karena banyaknya kendaraaan yang keluar masuk jalan di perempatan tersebut.

Sekitar 1 km sebelum pasar Kalijati juga terdapat pertigaan Purwadadi yang menghubungkan Kalijati dengan Jalur Pantura, hal ini menambah panjang kemacetan di Kalijati.

Berdasarkan pantauan kotasubang.com hari ini (25/7/2014) sempat terjadi kemacetan di Kalijati mulai dari depan Paskhas Suryadarma. Untuk mengurai kemacetan petugas mengarahkan sebagian kendaraan ke jalan desa Marengmang yang menuju ke jalan Raya Purwadadi, kemudian masuk ke Boreas dan keluar di Marjan.

Selain itu petugas juga memberlakukan sistem buka tutup di pertigaan Purwadadi. Kendaraan yang berasal dari arah Purwadadi / Pantura dan kendaraan yang berasal dari arah Sadang diatur bergantian melintasi pasar Kalijati.

Selepas Pasar Kalijati arus lalu lintas menuju Subang kembali lancar, hanya sedikit tersendat oleh kendaraan yang keluar masuk Rumah Makan.

Berita Terkait: