Subang Kaya Potensi Gas Bumi, Namun….

KOTASUBANG.com, Subang – Potensi gas bumi yang terdapat di Kabupaten Subang tergolong cukup besar. Namun sayang, masyarakat sekitar Subang belum banyak yang menikmati energi yang berasal dari gas bumi tersebut. Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja saat meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) 31.A.412.02 Subang.

“Subang ini sumber energi gasnya banyak, sayangnya gas disini belum banyak dinikmati dan disalurkan ke rumah-rumah. Masyarakat  Subang saat ini kebanyakan masih menggunakan gas LPG yang nota bene sumbernya berasal dari Timur Tengah. Untuk energi gas bumi yang dialirkan melalui pipa gas, masih lebih banyak disalurkan dan dinikmati oleh industri.” katanya saat peresmian SPBG di Subang, Jumat (7/4/2017).

Untuk mendorong penggunaan gas bumi tersebut, Kementerian ESDM sudah membangun jaringan gas (jargas) rumah tangga di Subang. Sejak 22 Maret 2017, warga Kelurahan Cidahu dan Kelurahan Dangdeur, Kecamatan Pagaden Barat telah menggunakan jargas tersebut. Untuk tahap awal, 4.000 sambungan Rumah tangga (SR) jaringan gas untuk rumah tangga dialiri gas secara bertahap melalui proses konversi kompor warga.

Sementara itu Plt Bupati Subang Imas Aryumningsih berharap Pertamina bisa menambah jaringan gas (jargas) tersebut supaya lebih banyak masyarakat yang bisa merasakan manfaat gas tersebut. Selain itu dirinya berharap adanya sosialisasi mengenai tatacara penggunaan Jargas tersebut kepada masyarakat.