Duh!, Mengaku Pedagang, WNA China Diamankan Polres Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Pihak Kepolisian Polres Subang, Kamis (6/4/2017) sekitar pukul 13.00 WIB mengamankan seorang WNA berkebangsaan China yang kedapatan tengah berjualan aksesoris wanita di pasar Rakyat Subang yang berada di Kelurahan Sukamelang Kecamatan Subang. Pria bernama Chen Haizhen tersebut awalnya  diamankan oleh para pedagang dan Anggota Den Intel Kodam III/Siliwangi, setelah dilaporkan pria tersebut kemudian  dibawa ke Mapolres Subang.

“WNA tersebut setelah diamankan langsung diinterogasi di ruangan Kasat Intel. Setelah semalaman berada di Mapolres, hari ini Jumat (7/4/2017) WNA itu kita serahkan ke pihak Imigrasi Bandung,” kata Kabag Humas Polres Subang, AKP Udi Sahudi.

Saat diamankan WNA bernama Chen Haizhen ini telah membawa 2 buah tas dengan sejumlah aksesoris wanita berupa cincin, gelang dan manik-manik imitasi. Dirinya menjual barang-baran tersebut dengan harga puluhan ribu rupiah.

Setelah dilakukan pengecekan dokumen oleh petugas ternyata pasport milik WNA tersebut berlaku sampai dengan 1 Mei 2023 dan visa terakhir masuk via bandara Soekarno-Hatta pada 26 Maret 2017 (VOA 30 hari). WNA itu pertama kali masuk ke Indonesia pada tanggal 11 Mei 2013. Tercatat WNA ini sudah 21 kali ke Indonesia, 2 kali diantaranya di sponsori oleh PT. Lontang Jaya Bhakti Semesta. Meski sudah puluhan kali keluar masuk Indonesia, WNA ini mengaku hanya sedikit bisa berbahasa Indonesia.

“Kita mengamankan WNA tersebut sebagai antisipasi maraknya warga negara asing China yang masuk ke Kabupaten Subang secara ilegal dan melakukan kegiatan ilegal yang membahayakan kondisi Ipoleksosbudkam Kabupaten Subang, walaupun hasil pemeriksaan sementara belum ada indikasi kuat ke arah sana” ungkap Kasat Intelkam Polres Subang.