Keren ! Identik Persib, Kereta LRT Buatan Subang Mejeng di Bandung

KOTASUBANG.com, Bandung – Prototipe Metro Kapsul buatan Subang sudah mulai diperkenalkan kepada masyarakat Bandung (5/4/2017). Prototipe tersebut dipajang di kawasan Alun-alun Bandung. Wali Kota Ridwan Kamil, sebelumnya memang menargetkan purwarupa Metro Kapsul hadir di Alun-alun Kota Bandung, pada pekan pertama April 2017. Prototipe itu sengaja diberi warna dominan biru, yang identik dengan Persib Bandung.

Wali Kota itu mengatakan, prototipe LRT produksi Subang tersebut sengaja dipamerkan, agar masyarakat sedari dini mengenal Metro Kapsul. Ia pun mengimbau masyarakat bersabar menunggu proses pembangunan proyek LRT itu.

“Saya tugaskan ke Pak Sekda (Sekretaris Daerah) untuk merapatkan dan memastikan perizinan studi dari Pemkot (Bandung) jangan lelet (lamban). Karena, Pak Presiden (Joko Widodo) sudah mengingatkan untuk mempercepat proses ini karena LRT-nya buatan Indonesia, jadi punya nilai signifikan luar biasa,” kata Wali Kota.

Pemilihan LRT buatan Subang, kata Ridwan, akan meringankan beban Pemkot Bandung dan masyarakat. Soalnya, dengan konten lokal, harga tiket LRT diklaim tidak terlalu mahal.

“Karena, LRT yang bukan konten lokal membuat tiket (untuk) warga mahalnya luar biasa, dan membebani anggaran kami. Sudah dihitung (harga tiket) sekitar tujuh ribu sampai lima belas ribu (per orang),” kata Wali Kota.

Pembangunan koridor Metro Kapsul itu direncanakan dalam dua tahap. Tahap pertama sepanjang 3 kilometer dengan rute Stasiun Bandung-Alun-alun Bandung dan alokasi anggaran Rp500 miliar. Tahap kedua, rute Alun-alun Tegalega-Stasiun Bandung sepanjang enam kilometer dengan alokasi anggaran Rp1 miliar.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, akan mendapat tanggung jawab sebagai kepala pemegang kerja sama pengerjaan proyek. Pemerintah Kota sedang menunggu Peraturan Presiden tentang LRT itu terbit.

(viva.co.id / Foto : Detik.com)

Berita Terkait: