Ratusan Rumah di Pabuaran Subang Terendam Banjir

Banjir melanda empat desa di Kecamatan Pabuaran Kabupaten Subang, Senin, 27 Maret 2017. Ratusan rumah tersebar di empat desa, yaitu Pabuaran, Salamjaya, Pringkasap dan Karanggede Kecamatan Pabuaran tergenang banjir. Selain curah hujan tinggi, penyebab banjir dikarenakan meluapnya Sungai Tempuran yang melintas empat desa tersebut. Ketinggian air yang merendam rumah warga maupun area pemukiman penduduk bervariasi mulai 50 centimeter hingga satu meter.

Informasi yang diperoleh dari warga, mereka mengatakan air sungai meluap dan genangan air terus naik hingga masuk ke pemukiman penduduk mulai, Senin pagi. Selain hujan deras sejak Minggu malam, ditambah adanya banjir kiriman dari wilayah Selatan. Akibatnya debit air sungai membesar, tak bisa menampung sehingga menggenangi rumah warga. Namun demikian hampir warga belum ada yang mengungsi, mereka lebih memilih bertahan di rumahnya masing-masing. Sebab bila mengungsi. khawatir barang-barang berharga hilang dicuri.

Meri warga Salamjaya mengatakan banjir seringkali melanda daerahnya, terjadi setiap tahun ketika musim hujan. Itu terjadi karena aliran sungai mengalami pendangkalan, sehingga daya tampungnya menjadi terbatas. “Tiap tahun suka ada banjir tapi tak lama, biasanya tidak besar seperti sekarang. Banjir kali ini tertinggi sejak tiga tahun terakhir,” katanya.

Kades Salamjaya, Muhamad Madja mengatakan di daerahnya hasil pendataann semetara ada 250 rumah yang terendam banjir. Ketinggian airnya bervariasi, di beberepa lokasi ada yang 50 cm hingga 1 meter. “Kami masih melakukann pendataan korban banjir, soalnya baru data sementara,” katanya.

Kasi Tanggap Darurat Bencana, Bidang Penanggulangan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Subang,  Darmono mengatakan bantuan logistik sudah diserahkan ke kecamatan, selanjut didistribusikan kepada korban banjir. Dari laporan ada empat desa di Kecamatan Pabuaran yang dilanda banjir, yaitu Pabuaran, Salamjaya, Pringkasap dan Karanggede.

Sedangkan jumlah rumah yang terkenda banjir masih dalam pendataan, informasi awal ada ratusan rumah. “Begitu dapat informasi kami langsung ke lokasi bersama tim. Memasuki Senin siang ketinggian genangan air berangsur mulai surut, tetapi warga diimbau agar tetap hati-hati terhadap kemungkinan banjir susulan apalagi intensitas hujan masih tinggi,” katanya. (Pikiran Rakyat)

 

Foto : Rumah terendam banjir di Pabuaran (Yayat Ruhiyat)