Wow ! Omzet Produk Kursi Made In Desa Siluman Capai Puluhan Milyar

KOTASUBANG.com, Subang – Desa Siluman. Nama desanya mungkin terdengar menyeramkan bagi sebagian orang. Namun, tahukah Anda,  ternyata desa ini menyimpan potensi ekonomi yang luar biasa. Selain terkenal karena nama desanya yang unik, desa ini ternyata juga tersohor dengan produk mebelernya. Di desa Siluman, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang saat ini terdapat puluhan pengrajin sofa dan kursi tamu. Dari sektor ini, setiap tahun, puluhan Milyar uang berputar di desa ini.

Maman, salah seorang pengrajin mengatakan, setiap minggu dirinya mengaku menjual kursi tamu sebanyak 8 – 12 set. Dengan harga jual setiap set-nya berkisar antara  3 – 5 juta rupiah.

“Selain dijual ke toko mebel di Bekasi, banyak juga pesanan dari daerah lainnya, bahkan hingga ke Lampung,” katanya.

Sekretaris Desa Siluman, Ano Tarno mengatakan, sejak tahun 2000-an, hingga saat ini tercatat ada 34 pengrajin kursi seperti Maman di desanya. Selain itu sekitar 500 orang lainnya terlibat dalam bisnis ini, baik itu sebagai karyawan maupun pemasok bahan bakunya.

“Jika pak Maman saja menjual 8 set kursi setiap minggunya, bayangkan saja omzet dari bisnis kursi di desa Siluman ini setiap tahunnya. Mencapai puluhan milyar,” ujarnya.

Kepada pendamping CIS Subang Tarno mengatakan, salah satu masalah pengembangan bisnis mebel di desanya adalah permodalan. Menurutnya, para pengrajin membutuhkan modal untuk peningkatan produksinya. Selain itu dirinya juga berharap suatu saat di desanya dapat dibangun sebuah galeri yang dapat memamerkan produk mebel hasil karya warga desa Siluman.

Seperti diungkapkan Maman, pemasaran produk mebeler desa Siluman ini selain di jual ke berbagai kota di Jawa Barat juga telah sampai ke luar provinsi seperti Lampung, Bengkulu hingga Jambi. Biasanya truk-truk ekspedisi dari berbagai provinsi tersebut yang datang langsung untuk menjemput produk kursi buatan Siluman ini.

Dirinya mengatakan dengan banyaknya pesanan kursi dari berbagai daerah ke desanya, menunjukkan kualitas kursi buatan Siluman tak kalah dengan daerah lainnya.

Berita Terkait: