Mudik Lebaran, Stasiun Pagaden Subang Tambah 12 Kereta

galeri_kereta_lodaya1PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daops) III Cirebon menyiapkan 12 kereta api tambahan untuk mengangkut penumpang Lebaran rute Jawa Tengah dan Jawa Timur yang berangkat dari Stasiun Pagaden, Subang, Jawa Barat.

“Enam kereta api bisnis dan enam lagi kereta kelas ekonomi,” kata Kepala Statsiun Pageden, Komarudin, Selasa, 30 Juli 2013. Ia membandingkan, pada Lebaran tahun lalu, penambahan angkutan mudik hanya empat kereta api.

Penambahan jumlah KA arus mudik tersebut, ujar Komarudin, dilakukan dengan alasan jumlah penumpang Lebaran tahun ini akan meningkat secara signifikan. “Perkiraan kami, jumlah penumpang akan mengalami kenaikan sampai 40 persen atau 3.000-an penumpang,” ucapnya.

Komarudin memastikan, tahun ini, pemudik berkereta api akan lebih nyaman dan aman. Sebab, pihaknya hanya menyediakan tempat duduk yang terbatas sesuai dengan jumlah penumpang. “Kami hanya menjual karcis sesuai tempat duduk saja,” kata Komarudin.

KA bisnis hanya menyiapkan 80 tempat duduk, sedangkan kelas ekonomi 105 tempat duduk dalam satu gerbong. Para pedagang asongan pun dilarang berjualan. “Jadi, pasti akan lebih aman.”

Untuk mempercepat pelayanan, pembelian karcis dilakukan secara online tiga bulan sebelum Lebaran. Saat ini sudah ludes terjual. (Tempo)