1 Muharam, Ribuan Peziarah Datangi Makam Wangsa Goparana, Subang

1 Muharam, Ribuan Peziarah Datangi Makam Wangsa Goparana, Subang

0 320
Komplek Makam Raden Aria Wangsa Goparana, Sagalaherang, Subang
Komplek Makam Raden Aria Wangsa Goparana, Sagalaherang, Subang

Bertepatan dengan tahun baru Islam 1 Muharam kemarin, makam Aria Wangsa Goparana yang terletak di Blok Nangka Beurit, Desa Sagalaherang Kaler, Kecamatan Sagalaherang banyak dikunjungi peziarah. Menurut para pedagang yang berjualan di sekitar komplek makam jumlah peziarah yang mendatangi makam keramat Nangka Beurit mencapai lebih dari seribu orang.

“Kemarin tahun baru Islam, jadi banyak yang datang ke sini, ada sekitar seribuan tapi datangnya bertahap. Pada pake bus, ada yang dari Cianjur, Bogor, Tangerang, Bandung, Jakarta,” kata seorang pedagang yang berjualan di komplek makam.

Menurut juru kunci makam tersebut, Humaidin (65) selain malam 1 Muharam, makam Raden Wangsa Goparana banyak dikunjungi setiap malam jumat kliwon.

“Setiap hari juga ada saja yang berziarah kesini, tapi yang paling banyak biasanya setiap malam jumat kliwon, katanya kepada kotasubang.com Rabu, 6 Nopember 2013.

Selain untuk mendoakan Eyang Goparana ternyata banyak peziarah yang mendatangi makam tersebut dengan maksud tertentu, seperti keinginan dilapangkan rezeki, pekerjaan hingga jodoh. Hal itu tampak dari tulisan yang tertera pada beberapa carik kertas yang disimpan di sekitar makam. Juru kunci makam tersebut sebenarnya berharap para peziarah datang ke tempat tersebut hanya untuk mendoakan Eyang Goparana.

“Kalau mau meminta, ya kepada Allah saja!” kata Humaidin.

Makam Aria Wangsa Goparana Ditempatkan Di Dalam Kotak Kaca
Makam Aria Wangsa Goparana Ditempatkan Di Dalam Kotak Kaca

Humaidin sudah menjadi juru kunci makam tersebut sepeninggal ayahnya tahun 1985 silam. Meskipun bukan keturunan langsung dari Aria Wangsagoparana, tetapi keluarganya secara turun temurun sudah dipercaya menjadi juru kunci makam tersebut.

Raden Aria Wangsa Goparana adalah salah satu tokoh penyebar Islam di wilayah Subang. Beliau adalah putra raja Talaga. Di Talaga, Arya Wangsa Goparana merupakan orang pertama yang memeluk Islam dan mendapat pelajaran dari Sunan Gunungjati. Sekitar tahun 1530 ia mengadakan perjalanan ke arah barat dalam rangka menyebarkan agama Islam. Wilayah yang diislamkannya diantaranya Subang, Purwakarta, Cianjur, Sukabumi dan Limbangan.

Keturunannya banyak yang menjadi tokoh penting seperti ulama dan bupati. Salah satunya adalah Djajasasana atau Raden Wiratanu yang merupakan bupati pertama Cianjur.

NO COMMENTS

Leave a Reply