Curug Cibareubeuy, Pesona Gunung Karamat

Hamparan sawah berundak, batu-batu raksasa di tengah sawah dan sungai-sungai berair jernih akan menemani perjalanan anda menuju curug Cibareubeuy, Subang. Sungai-sungai kecil tersebut berhulu dipuncak-puncak gunung yang mengelilingi persawahan desa Cibeusi. Salah satu anak sungai itu berhulu di gunung Karamat, di aliran anak sungai inilah curug Cibareubeuy berada.

Curug setinggi sekitar 70 meter ini membelah tebing batu gunung Karamat. Alirannya terlihat berkelok mengikuti kontur tebing, membuat curug ini terlihat unik. Tumpahan airnya membentuk kolam kecil di bawah curug. Di kolam inilah para pengunjung bisa bermain air sepuasnya, menikmati segarnya air pegunungan.

Sekitar 100 meter sebelum curug Cibareubeuy terdapat saung-saung ijuk yang dibuat oleh Rosid, seorang penduduk Cibeusi. Di saung ini anda bisa berisitirahat setelah lelah bermain air atau sekedar menghangatkan badan di tungku yang ada di salah satu saung.

subang cibareubeuy

Saung Ijuk yang Dibangun Pak Ocid Tertata Rapi

Saung-saung ini juga dapat digunakan bagi anda yang ingin merasakan sensasi bermalam di tengah hutan. Ketika akhir pekan atau musim liburan banyak pengunjung yang bermalam di saungnya, termasuk para mahasiswa dan komunitas yang melakukan kegiatan di sana.

Meskipun belum sepopuler curug-curug lainnya di Subang, kini curug Cibareubeuy mulai banyak dikunjungi wisatawan.

“Kalau hari liburmah banyak yang kesini, nyampe ratusan lah. Tapi kalau hari biasa mah paling di bawah 10 orang pengunjung,” kata Rosid kepada kotasubang.com (1/12/2013).

Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy

Menurut Ahmad, salah satu tokoh masyarakat setempat, Cibareubeuy berasal dari kata cing berebey atau air yang berasal dari banyak sumber rembesan.

“Di puncak gunung itu kan ga ada sumber mata air yang besar, tapi banyak air cing berebey (merembes), keluar dari akar-akar pohon, yang kemudian membentuk aliran anak sungai. Nah, dari kata cing berebey itulah nama Cibareubeuy diambil,” kata Ahmad menjelaskan.

Curug Cibareubeuy dapat dicapai melalui jalan Sari Ater. Dari tempat parkir Sari Ater Anda bisa bertanya arah menuju desa Cibeusi. Desa Cibeusi terletak sekitar 3 Km dari lokasi wisata Sari Ater.

Setibanya di desa Cibeusi perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 Km melewati pematang sawah dan jalan setapak di tengah hutan. Meskipun melewati pematang sawah dan hutan, Anda tak perlu khawatir tersesat, ikuti saja pematang sawah yang sudah dilengkapi pijakan dari batu, atau jika kehilangan jejak anda bisa bertanya kepada para petani yang banyak beraktivitas di sawah.

Perjalanan dari desa Cibeusi hingga ke curug Cibareubeuy akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Namun jangan khawatir, lamanya perjalanan tak akan terasa, karena sepanjang penjalanan Anda disuguhi pemandangan sawah dan gunung-gunung yang menawan. Selain itu, jika lelah dalam perjalanan, Anda bisa sejenak beristirahat di saung milik petani atau di batu-batu besar yang banyak terdapat di sawah.