KPP Pratama Subang Gelar Malam Penghargaan Cakti Buddhi Bhakti Bagi Wajib Pajak Teladan

KOTASUBANG.com, Subang – Selain mendapatkan penerimaan pendapatan dari pajak daerah seperti PBB, Pajak Hotel dan Restaurant dan Pajak Kendaraan Bermotor, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan tentang Penetapan Alokasi Definitif Dana Bagi Hasil Pajak Penghasilan Pasal 25 dan Pasal 29 Orang Pribadi Dalam Negeri dan Pajak Penghasilan Pasal 21 menerangkan bahwa daerah juga mendapat bagi hasil sebesar 20 % (dua puluh persen) dengan perincian yang tertuang dalam peraturan tersebut. Artinya semakin tinggi partisipasi warga dalam membayar pajak akan meningkatkan dana pembangunan di Kabupaten Subang yang pada akhirnya akan dirasakan oleh seluruh warga Subang.

Untuk itu, guna meningkatkan partisipasi warga dan sebagai bentuk apresiasi atas ketaatan dan kepatuhan wajib pajak Direktorat Jenderal Pajak dalam hal ini adalah KPP Pratama Subang menggelar acara malam penghargaan Cakti Buddhi Bhakti di Aula Pemkab Subang, Rabu (17/5/2017). Dalam acara yang juga digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Subang  ke-69 ini diberikan penghargaan kepada para wajib pajak teladan.

“Acara ini digelar sebagai bentuk penghargaan kepada para wajib pajak dengan ketaatan dan kepatuhan terbaik di Kabupaten Subang. Ke depan acara ini akan digelar setiap tahun,” ujar Kepala KPP Pratama Subang, Pudi Riana.

Sementara itu mewakili Plt Bupati Subang, Sekretaris Daerah Abdurakhman mengungkapkan apresiasi dan penghargaan kepada para wajib pajak yang sudah meraih penghargaan ini.

“Taat dan patuh membayar pajak merupakan bukti nyata untuk Subang tercinta. Semoga tingkat kepatuhan dan pembayaran pajak di Kabupaten Subang ini semakin meningkat ” ujarnya.

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh warga Subang, khususnya para pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang agar memantau para bendaharanya dalam aspek perpajakan serta para pengusaha baik perorangan maupun berbadan hukum agar patuh dalam pembayaran dan pelaporan perpajakanya. Dan seluruh ASN, TNI, dan Polri wajib lapor SPT Tahunan Pribadi melalui efiling.

Ketua LPPM STIESA Gugyh Susandy, SE. M.Si mengapresiasi kegiatan malam anugerah Cakti Buddhi Bhakti yang merupakan bentuk reinforcement (penguatan kembali) pada aspek kepatuhan pajak masyarakat. Dalam konteks manajemen perubahan ini merupakan hal penting, namun perlu terus dikembangkan berbagai cara lain yang mampu memberikan kepercayaan dari masyarakat kepada kantor pajak sehingga mereka patuh membayar pajak misalnya dengan menghadirkan layanan yang mudah dan tidak menyusahkan bagi masyarakat untuk membayar pajak. Dengan kepercayaan tersebut maka Tingkat Tax Compliance (kepatuhan pajak) bisa meningkat. Selain aspek pelayanan yang prima, juga terdapat hal penting lainnya dalam meningkatkan kepatuhan pajak yaitu aspek keadilan dan kepastian hukum.

“Disinilah sebagai Mitra KPP Pratama Subang, COE Startax STIESA memiliki peran, misalnya melakukan workshop atau edukasi agar masyarakat faham peraturan pajak yang sebenarnya, mengunjungi wajib pajak dan menggali informasi pendapat mereka tentang layanan pajak dan lain-lain,” demikian diungkapkan Gugyh setelah menerima penghargaan mewakili STIESA sebagai juara ke-2 Kepatuhan Pajak Kategori Instansi Pendidikan.

Berdasarkan pantauan KOTASUBANG.com acara malam penghargaan Cakti Buddhi Bakti berlangsung meriah, dikemas apik dipadukan dengan penampilan kesenian tradisonal seniman Subang.

(baca juga : Responsif Gender, KPP Pratama Subang Wakili DJP Lomba Tingkat Nasional)