Keren !, Puluhan Mahasiswa STIESA Belajar Akuntansi & Manajemen Industri Agriculture ke Thailand

KOTASUBANG.com, Subang – Sekolah Tinggi Ekonomi Sutaatmadja (STIESA) senantiasa mengajak mahasiswanya untuk “go global” di era Masyarakat Ekonomi ASEAN ini. Karenanya, secara rutin sejak tahun 2010, STIESA selalu menyelenggarakan program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswanya ke mancanegara. Tahun ini KKL STIESA diselenggarakan di Negeri Gajah Putih, Thailand (17-20 April 2017).

Kegiatan Akademik ini ditujukan untuk membangun pengetahuan di Bidang Akuntansi dan Manajemen, serta keterampilan baik hardskills maupun softskills mahasiswa di era Regional Economic (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Secara khusus, tahun ini mengunjungi Industri Agriculture di negeri Gajah Putih tersebut. Serangkaian proses pembelajaran dan penelitian (observasi lapangan) selama 4 hari 3 malam telah disiapkan oleh setiap Mahasiswa dengan bimbingan para Dosen dari kedua prodi Akuntansi dan Manajemen.

Tentu saja pemilihan topik Akuntansi dan Manajemen pada industri Agriculture dan Agrowisata ini relevan dengan kesamaan potensi unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Subang, disinilah peran serta Mahasiswa dan Lembaga STIESA berkontribusi secara pemikiran bagi konsep pembangunan Subang kedepan yang berbasis potensi unggulan yang kreatif dan inovatif, demikian sebagaimana diungkapkan Gugyh Susandy, SE, M.Si sebagai Pembantu Ketua Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

“Subang sebagai kota yang bercita rasa International dituntut memiliki esensi sumber daya dan produk unggulan yg merupakan hasil dari terbentuknya sistem inovasi daerah yang melibatkan komponen Academic, Business, Government, dan Community, yang mendorong Subang beserta rakyatnya menjadi pemenang dalam percaturan bisnis di era MEA ini,” demikian ungkap  Gugyh kepada KOTASUBANG.com.

Lebih Lanjut Panji Agnyoto, M.Pd selalu Ketua pelaksana merinci bahwa setidaknya terdapat empat (4) objek penelitian dan observasi pada KKL tahun ini yaitu Suan Supatra Land, Silver Lake Grape Farm, The Royal Chitralada, dan Klong Masahawat.

“Puluhan hasil penelitian/observasi yang dihasilkan oleh mahasiswa KKL tahun ini dalam berbagai topik semoga memberikan manfaat bagi pengembangan Ilmu dan sumber daya serta Strategi Pembangunan di Kabupaten Subang,” ujar Panji.

Rombongan KKL STIESA sejumlah 97 Orang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan perwakilan guru SMA serta pengurus Yayasan Sutaatmadja dilepas oleh Ketua STIESA, H. Daeng M Nazier, MA, PhD, Minggu (16/4/2017). Rombongan STIESA ini dibagi menjadi 2 grup. Grup 1 yang diisi mahasiswa prodi Manajemen berangkat Senin pagi (17/4/2017)  karena terjadwal pesawat take off pukul 07.30 WIB (17/4/2017). Sementara grup 2 yang diisi oleh mahasiswa prodi Akuntansi berangkat Senin siang (17/4/2017) terjadwal pesawat take off pukul 13.00 WIB.

Kedua grup rombongan telah mendarat dengan selamat di bandara Don Moeang dan telah bersiap menjalani hari pertama KKL dengan semangat belajar dan perubahan yang bergelora.