Suka Tari? Yuk, Ikuti Pasanggiri Jaipong Bersama Paguyuban Mojang Jajaka Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Bermula dari keprihatinan akan kecenderungan generasi muda masa kini yang lebih menggemari budaya asing daripada budaya bangsa sendiri, Paguyuban Mojang Jajaka Subang berencana menggelar Pasanggiri Tari Jaipong Tunggal yang akan diselenggarakan 3-4 Mei mendatang di SMAN 2 Subang.

“Generasi muda harusnya berperan dalam regenerasi untuk melestarikan kesenian daerah, namun sayang saat ini mereka lebih menggandrungi budaya luar,” ujar Adistyana Pitaloka Ketua Paguyuban Mojang Jajaka Kabupaten Subang kepada KOTASUBANG.com.

“Padahal tarian menunjukan suatu identitas suatu bangsa dan memiliki nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya,” lanjut mojang yang akrab disapa Adis tersebut.

Karenanya menurut Adis, pihaknya berencana menyelenggarakan lomba tari jaipong tersebut. Lomba tersebut akan dibagi menjadi 4 kategori yaitu SD, SMP, SMA dan Mahasiswa/Umum. Setiap kategori akan dipilih juara 1,2,3 dan Favorit yang akan mendapatkan trophy, piagam, uang pembinaan dan merchandise dari sponsor.

Pendaftaran lomba telah dibuka sejak tanggal 22 Maret hingga 29 April 2017 di Aula Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, jalan Ahmad Yani no. 57, Pasir kareumbi, Subang. Technical Meeting akan diselenggarakan pada tanggal 30 April 2017 ditempat pendaftaran.

Acara ini turut di dukung oleh Badan promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Subang (BPPD), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Rasya Boutique.